Video Puluhan Atlet Panjat Tebing Bentangkan Kain Merah Putih di Jembatan Lolong Pekalongan

oleh -3 views

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN – Berikut ini video puluhan atlet panjat tebing bentangkan kain merah putih di Jembatan Lolong Pekalongan

Sebanyak 30 pemanjat tebing dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pekalongan, membentangkan kain merah putih raksasa yang berukuran 10×15 meter di Jembatan Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (15/8/2020).

Tidak hanya itu, pada saat pembentangan kain merah putih raksasa ini juga diiringi lagu Indonesia Raya dan sikap hormat semua pengunjung objek wisata Lolong serta warga sekitar.

Dipilihnya Jembatan Lolong, karena jembatan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jembatan ini ketinggiannya sekitar 25 meter dan jembatan Lolong masih digunakan masyarakat untuk jembatan penyeberangan antar desa.

Menurut Ketua FPTI Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro, pembentangan kain merah putih ini untuk mengingatkan kembali para pahlawan yang telah gugur saat memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Momen ini untuk memperingati HUT ke-75 RI. Apalagi, sebagai generasi penerus bangsa dan saat ini masih pandemi Covid-19, diharapkan bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” ujar Wahyu kepada Tribunjateng.com.

Wahyu mengatakan, dalam pembentangan kain merah putih ini memiliki tantangan sendiri.

Pertama, atlet yang akan membentangkan harus profesional. Sebab, kain raksasa yang akan dibentangkan di bawah jembatan takutnya akan naik ke atas jembatan dan membahayakan pengguna jalan.

“Kami menggunakan dua kain, dalam pembentangan di bawah Jembatan Lolong. Tujuannya, agar bisa menerima angin dari bawah dan tidak naik ke atas. Jadi kainya agak transparan,” kata Wahyu.

Sementara itu, Kepala Kesabgpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho mengapresiasi apa yang dilakukan oleh FPTI Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya dalam mengobarkan jiwa nasionalisme pada HUT ke-75 RI tahun ini.

“Kegiatan untuk memeriahkan peringatan ulang tahun ke 75 Republik Indonesia ini sangat unik sekali dan kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh atlet panjat tebing baik di wilayah Kabupaten Pekalongan ataupun sekitarnya,” kata Haryanto.

Meskipun, pada bulan kemerdekaan ini masih dalam pandemi Covid-19, hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat masih punya semangat untuk bertahan dalam melawan Covid-19, salah satunya dengan membentangkan kain merah putih ini.

“Semangat yang ditunjukkan oleh atlet panjat tebing dalam nuansa kemerdekaan ini sangat luar biasa sekali, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Sekali lagi, saya salut dengan semangat nasionalisme yang ditunjukkan oleh para atlet panjat tebing,” Imbuhnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *