Tingkatkan Kemampuan Menembak, Prajurit Kodim 0703 Cilacap Gelar Latbakjatri

oleh -639 views

TIMESINDONESIA, CILACAP – Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang prajurit adalah kemampuan menembak. Demi menguasai kemampuan tersebut tentunya diperlukan latihan terarah, bertingkat dan berlanjut. Untuk itulah, Kodim 0703 Cilacap menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri).

Hal itu disampaikan Kapten Inf Joko Yunanto selaku Komandan Latihan (Danlat) dalam Latbakjatri bagi prajurit Kodim 0703 Cilacap, Kamis (4/6/2020) di lapangan tembak Kodim, Desa Welahan Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Latbakjatri ini, lanjut Danlat, merupakan agenda rutin yang sudah ditentukan dalam kalender waktu latihan melalui program Binlat bidang operasi, serta merupakan latihan di triwulan II tahun 2020. “Faktor keamanan merupakan faktor paling utama,” ucapnya.

Sebaik apapun hasil sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi kecelakaan dalam latihan, serta sebaliknya, latihan berjalan aman dan lancar, maka itu sebagai indikator keberhasilan latihan.

“Patuhi segala mekanisme latihan, khususnya bagi prajurit peserta latihan, untuk selalu disiplin serta patuhi segala intruksi dari petugas yang sudah ditunjuk oleh koordinator latihan,” jelas Kapten Inf Joko Yunanto.

Sebelumnya, peserta latihan juga diingatkan kembali tentang pelajaran teori dasar menembak, supaya menyegarkan kembali hal mendasar dari teknik menembak. Materi tersebut disampaikan Kapten Inf Agus Wantoro, sebagai koordinator materi menembak senapan.

Hal mendasar dari teknik menembak di antaranya sinkronisasi pengaturan nafas, teknik bidik yang benar, teknik menekan picu dan pegangan teguh. Diharapkan para prajurit akan mampu mengaplikasikannya saat latihan.

Danlat menambahkan, dalam latihan ini, ada latihan menembak senapan dan pistol, dan prajurit peserta latihan dituntut mampu mencapai nilai standar 90 untuk menembak senapan dan 80 untuk menembak pistol.

Hadir dan juga pengawasan dalam Latbakjatri adalah Perwira Seksi Latihan (Pasilat), KOREM 071 Wijayakusuma, Mayor Inf Ahmad, dalam Latbakjatri selaku Perwira pengawas latihan (Pa Waslat) yang bertugas melakukan pengecekan langsung mekanisme latihan.

“Kami datang untuk memastikan seluruh mekanisme latihan berjalan sesuai SOP, terlebih ditengah pandemi covid-19 ini, baik pendukung atau peserta latihan wajib mematuhi protokol kesehatan,” terang Pasilat.

Selain itu, baik personil maupun materiil harus dipastikan safety atau keamanannya, sehingga Latbakjatri Kodim 0703 Cilacap dapat berjalan dengan aman. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *