Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Curug Rambu Kasang

oleh -592 views

TIMESINDONESIA, CILACAP – Setelah dilakukan pencarian dengan cara menyelam selama sekitar 15 menit, Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan pemuda yang tenggelam di Curug Rambu Kasang, Dusun Grogol, Desa Cisereuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, korban pertama kali ditemukan, Senin (15/6/2020) pukul 08.15 WIB dengan cara menyelam di sekitar tempat kejadian. Kemudian korban dibawa ke Puskesmas Cikesal, Kecamatan Ketanggungan untuk penanganan lebih lanjut.

Curug-Rambu-Kasang-2.jpg

“Kita menyelam dengan sistem circle, yaitu gerakan memutar pada titik tenggelamnya korban,” katanya.

Kedalaman curug sekitar 7 meter dengan luas area berdiamater 5. Pada saat penyelaman, jarak pandang nol di dasar curug, dan jarak tempuh ke lokasi kejadian sekitar 60 menit. “Jalurnya juga terjal dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki,” imbuh Nyoman.

Dengan ditemukan korban, Operasi SAR secara resmi ditutup dan semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

“Peristiwa terjadi pada Minggu (14/6/2020) pukul 15.00 WIB.  Pengunjung Curug Rambu Kasang yang berlokasi di kawasan hutan petak 81g RPH Ciseureuh BKPH Banjarharjo Timur, bahwa korban dan 2 orang rekannya mengunjungi Curug Rambu Kasang sekitar pukul 14:30 WIB, dan mandi di curug. Namun nahas, korban tenggelam karena tidak bisa berenang, sementara yang lain selamat,” lanjut Nyoman.

Curug-Rambu-Kasang-3.jpg

Ditambahkan ia, begitu SAR Cilacap mengetahui kabar tersebut pada pukul 19.20 WIB, langsung memberangkatkan satu regu dengan peralatan lengkap, seperti Rescue Car Carier, rubber boat, 1 set alat selam, dan pakaian Hazmat ke lokasi kejadian.

“Korban bernama Dasirun (23), sedangkan dua korban selamat Bernama Widi (25) dan Komar (23), keduanya warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes,” ungkap Nyoman.

Sementara, unsur SAR Gabungan terdiri dari Basarnas Cilacap, Polsek Ketanggungan, Koramil Ketanggungan, Polhut Banjarharjo, SAR Brebes, Ubaloka, PMI Brebes, dan warga sekitar. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *