Tempat Wisata Nekat Buka akan Ditegur

oleh -606 views

KENDAL, AYOSEMARANG.COM — Pemerintah Kabupaten Kendal hingga kini belum memutuskan kapan akan membuka tempat wisata yang ada di Kendal untuk bisa dikunjungi warga.  

Dinas Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata  belum memberikan izin pembukaan kembali tempat-tempat wisata di Kabupaten Kendal setelah ditutup karena pandemi Covid-19.

Kepala Disporapar Kendal, Agung Setiawan mengatakan untuk membuka kembali tempat-tempat wisata harus mendapatkan izin dari Bupati Kendal dan Gubernur Jawa Tengah.

“Kita masih mempersiapkan melakukan simulasi pembukaan tempat wisata di Kabupaten Kendal. Hasil dari simulasi ini nanti harus disampaikan kepada provinsi untuk dilakukan evaluasi apakah sudah bisa dibuka atau belum,” katanya, Rabu (17/05/2020).

Menurut Agung, sebagaimana arahan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sebelum tempat wisata dibuka perlu dilakukan simulasi oleh pemerintah daerah setempat dengan mengambil sampel tempat.

Saat simulasi nanti setidaknya dilakukan 3 tahap untuk memantapkan persiapan pembukaan berdasarkan protokol pencegahan covid-19. Pihaknya pun saat ini masih terus melengkapi beberapa sarana kebersihan seperti tempat cuci tangan, tempat sampah, hingga pengaturan jarak antar pengunjung maupun petugas.

Kita tunggu tahapan-tahapannya, memang harus ada izin, kita ajukan setelah kita lengkapi fasilitasnya. Kalau belum ada izin, belum bisa rekomendasi buka, ujarnya.

Menanggapi adanya kabar beberapa tempat wisata swasta yang buka, Agung mengimbau agar para pengelola menutup kembali. Manakala tetap nekat membukanya, pihak Disporapar menyerahkan sepenuhnya pada masing-masing pengelola atas risiko yang nantinya dialami.

Pihaknya meminta kepada pengelola tempat wisata agar tidak membuka tempat wisatanya sebelum pembukaan kembali diberlakukan. 

Namun kita tidak bisa menahan tempat wisata untuk buka karena kebutuhan operasional. Tapi jika ada pengelola yang nekat membuka tempat wisata maka akan ditegur dan diimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Kendal Mahfud Sodiq menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Disporapar agar menyiapkan pembukaan kembali tempat-tempat wisata. 

“Jika tempat-tempat wisata sudah dibuka maka harus benar-benar aman dari penyebaran covid-19,” katanya.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *