Taman Wisata Terbesar di Asia Tenggara Jateng Valley Bakal Terhubung Tol Semarang-Solo

oleh -5 views

Solopos.com, SEMARANG — Taman wisata Jateng Valley yang akan dibangun di kawasan Hutan Pengaron, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang nantinya bakal terhubung langsung dengan jalan tol Semarang-Solo.

Artinya, taman wisata yang digadang menjadi yang terbesar di Asia Tenggara tersebut bakal mudah dijangkau.

Hal itu disampaikan Asisten Pembangunan dan Ekonomi Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Peni Rahayu, saat dijumpai Solopos.com di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Jumat (7/8/2020).

Segera Dibangun, Jateng Valley Bakal Saingi 5 Taman Wisata Terbesar di Dunia Ini?

Menurut Peni, izin interchange taman Jateng Valley dengan ruas tol Ungaran Tol Semarang-Solo sebenarnya sudah ada sejak 2016 lalu. Namun, saat izin diberikan untuk proyek Jateng Park, izin itu hanya berlaku selama tiga tahun.

“Nah, karena hanya berlaku tiga tahun jadi sudah habis. Ini kita sedang urus lagi pembaruan izinnya. Mudah-mudahan setelah ground breaking nanti izinnya sudah bisa keluar,” ujar Peni.

Ground breaking Jateng Valley direncanakan pada Sabtu (15/8/2020) mendatang. Jateng Valley digadang-gadang menjadi taman wisata terbesar se-Asia Tenggara.

Wow! Jateng Valley Bakal Jadi Tempat Wisata Terbesar se-Asia Tenggara

Investasi Lebih dari Rp2 Triliun

Jateng Valley dibangun di atas lahan milik Perhutani dengan luas sekitar 37,1 hektare. Luas tersebut mencapai 10 persen dari total luas Hutan Pengaron.

Peni menyebut investasi taman ini diperkirakan mencapai lebih dari Rp2 triliun. Sementara itu, investor atau pengembang proyek Jateng Valley dipercayakan kepada PT Taman Wisata Jateng (TWJ).

“Kalau dulu [Jateng Park] kan investasinya sekitar Rp1,8 triliun. Tapi, kalau melihat master plan sekarang kayaknya lebih. Bisa mencapai Rp2 triliun lebih,” imbuh Peni.

Keributan di Mertodranan Solo Viral di Youtube: Keluarga Habib Diserang

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Taman Wisata Jateng, Prijo Handoko Rahardjo, menjelaskan untuk pembangunan taman wisata Jateng Valley pihaknya akan menggandeng beberapa konsultan desainer kondang, seperti Budi Faizah.

Budi Faizal merupakan salah satu konsultan desainer yang kabarnya turut merancang ibu kota baru Indonesia di Kalimantan.

“Kami yakin destinasi wisata ini akan membuat masyarakat Jateng bangga. Selama ini kita [Jateng] tertinggal dari DKI Jakarta, Jatim, dan Jabar. Kami akan buat tempat ini menjadi yang terbaik,” kata Handoko.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *