Setengah Tahun, Angka Kematian Bayi Capai 69 Kasus dan Angka Kematian Ibu Capai 6 Kasus di Cilacap

oleh -355 views

Setengah Tahun, Angka Kematian Bayi Capai 69 Kasus dan Angka Kematian Ibu Capai 6 Kasus di Cilacap



By:
Date Uploaded:
Description: Setengah Tahun, Angka Kematian Bayi Capai 69 Kasus dan Angka Kematian Ibu Capai 6 Kasus di Cilacap





Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi

CILACAP – Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Cilacap terus menurun setiap tahun. Namun, jalan memerangi AKB masih panjang. Di Cilacap, sejak awal Januari 2020 hingga Mei 2020 AKB sebanyak 69 kasus.

“Di tahun 2018 ada 132 kasus AKB, sedangkan tahun 2019 145 kasus. Tren AKB ini terus menurun di tahun 2020,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi.

Pramesti mengatakan, begitupun dengan Angka Kematian Ibu (AKI). Tren penurunan AKI juga terjadi dalam kurun waktu tiga tahun ini. Di tahun 2018 jumlah AKI mencapai 22 kasus, sementara di tahun 2018 menjadi 16 kasus. Di tahun 2020 hingga Juni lalu, AKI di Cilacap mencapai 6 kasus.

Pramesti mengatakan, upaya penurunan AKI dan AKB memerlukan landasan hukum dalam bentuk Peraturan Bupati. Selain itu, butuh adanya sinergi dari pemerintah maupun masyarakat.

“Drafnya sudah dibahas. Untuk menekan AKI dan AKB di Kabupaten Cilacap tentunya membutuhkan sinergi dari semua pihak, baik perangkat daerah dari desa hingga kabupaten serta elemen masyarakat,” kata Pramesti. (ray)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *