Pertamina Bangun Kilang Minyak Dalam Negeri, Ini Alasan dan Progresnya

oleh -579 views

Saat ini Pertamina memiliki lima kilang RDMP dan Grass Roof Refinery (GRR), yakni RDMP Balikpapan, RDMP Balongan, RDMP Cilacap, RDMP Dumai, dan GRR Tuban. Pertamina akan melakukan upgrading terhadap kelima kilang tersebut.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Penurunan pasokan crude atau minyak mentah domestik setiap tahunnya menjadi alasan pentingnya bagi Indonesia untuk membangun kilang minyak baru di masa sekarang ini.

Maka, Pemerintah memberikan mandat kepada Pertamina melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.146 Tahun 2015 untuk membangun dan mengembangkan kilang Refinary Development Master Plan (RDMP) dan Grass Roof Refinery (GRR) di dalam negeri yang jadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, pasokan crude domestik setiap tahunnya cenderung turun sejak tahun 2010.

Resmi, Pertamina dan CPC Taiwan Teken HOA Kembangkan Kompleks Industri Petrokimia di Kilang Balongan

ICDX Dapat Izin BAPPEBTI untuk Memperdagangkan Kontrak Berjangka Mini dan Mikro Minyak Mentah WTI

Di sisi lain, kilang minyak milik Pertamina dirancang untuk mengolah crude domestik yang disebut ‘sweet’.

Artinya, jika produksi crude dalam negeri terus turun maka butuh sumber crude yang lain alias impor.

“Sumber crude terbesar dari middle east dan AS. Padahal, di middle east (crude-nya) berbeda dengan punya kita (Pertamina). Crude middle east sering disebut crude asam karena kandungan sulfurnya tinggi,” jelas Ignatius saat sesi teleconference, Jumat (5/6/2020).

“Dengan penurunan crude domestik, serta tidak cocok dengan kilang minyak Pertamina, maka kita harus melakukan penyesuaian,” imbuhnya.

Saat ini Pertamina memiliki lima kilang RDMP dan Grass Roof Refinery (GRR), yakni RDMP Balikpapan, RDMP Balongan, RDMP Cilacap, RDMP Dumai, dan GRR Tuban.

Menurut Ignatius, Pertamina akan melakukan upgrading terhadap kelima kilang tersebut.

Beli Pertalite dan Dexlite, Angkot Dapat Cashback 50 Persen dari Pertamina, Mau? Ini Persyaratannya

Dalam Sebulan Pertamina Kucurkan Rp 250 Miliar untuk Bantu Tangani Covid-19 di Indonesia

Progres



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *