Persiapan New Normal, Disbudpar Kudus Lakukan Simulasi di Dua Destinasi Wisata – Mitrapost.com

oleh -177 views

Kudus, Mitrapost.com Hingga pertengahan Juni, Pemerintah Kabupaten Kudus belum menerapkan kebijakan untuk membuka kembali sektor pariwisata dengan konsep new normal. Sejauh ini Pemkab baru melakukan simulasi di Makam Sunan Muria dan Taman Sardi.

Sedangkan untuk kebijakannya baru akan dibahas dalam rapat pada Rabu (17/6/2020) untuk melakukan evaluasi dan menentukan langkah selanjutnya.

“Untuk obyek wisata yang dikelola kami sendiri tutup mulai tanggal 18 Maret dan dilanjut dengan obyek-obyek wisata lain dari swasta,” ujar Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui Kabid Pariwisata, Mutrikah.

Secara teknis, penerapan menuju new normal Disbudpar Kudus akan melakukan simulasi. Kedua melakukan tahap sosialisasi. Ketiga akan melakukan publikasi, selanjutnya baru akan dilakukan uji coba.

“Beberapa wisata di Kudus nanti kita tidak mau kecolongan. Nanti kami mau canangkan yang punya daya tarik wisata akan dilakukan simulasi semua jika mampu, walaupun tidak secara keseluruhan. Misal satu desa ada dua atau tiga destinasi wisata nanti satu akan dilakukan simulasi hanya satu,” tutur Mutrikah

Baca juga: Perubahan Jam Operasional Pasar Rakyat, Omset Pedagang Menurun

Sebelumnya Disbudpar Kudus telah memberikan arahan ke beberapa pihak pelaku wisata baik yang dikelola oleh dinas maupun dari swasta mengenai protokol Kesehatan pencegahan covid-19 yang harus dilakukan.

“Kami telah memberitahu wacana tentang akan pasti adanya new normal kepada pengelola sektor sektor pariwisata untuk melengkapi sarana dan prasana menghadapi new normal,” imbuhnya.

Disbudpar telah mengantongi SOP dari Provinsi Jawa Tengah yang akan ditindak lanjuti di Kabupaten Kudus.

“Untuk tempat wisata yang tidak menerapkan protokol kesehatan pertama kita beri peringatan melalui lisan, kedua melalui tulisan kalau masih tetap melanggar nanti kami rekomendasi untuk tutup,” tandasnya. (*)

Baca juga: Ruas Jalan Utama di Kota Semarang Dibuka Lagi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook dan instagram

Redaktur : Ulfa PS



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *