Peringati HUT Jateng Ke-70 Saat Pandemi, Ini Pesan Ganjar Pranowo Kepada Warganya

oleh -2 views

Peringati HUT Jateng Ke-70 Saat Pandemi, Ini Pesan Ganjar Pranowo Kepada Warganya
Ulang Tahun Provinsi Jateng. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com – Sabtu (15/8), Provinsi Jawa Tengah genap berusia 70 tahun. Dalam rentan waktu itu, telah banyak hal yang dilewati.

Mulai dari pesta politik, perayaan hari besar, krisis ekonomi, bencana alam, dan lain sebagainya. Bahkan pada perayaan hari jadi di tahun ini, masyarakat Jateng harus memperingatinya di tengah merebaknya pandemi Corona. Pertemuan fisik dibatasi, pesta-pesta meriah ditiadakan.

Dalam pidatonya, Gubernur Ganjar Pranowo memanfaatkan momen ulang tahun itu dengan mengajak warganya untuk berjuang bersama melawan Virus Corona. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa masyarakat harus peduli terhadap hal-hal kecil di sekeliling mereka. Tema “Jateng Peduli Sesama” pun diangkat dalam peringatan ulang tahun itu.

“Kata ‘Jateng’ dalam frasa ini bukan menunjuk pemerintah atau pemprov semata. Tapi seluruh entitas yang ada di Jawa Tengah, baik pemerintah-nya maupun masyarakatnya,” kata Ganjar Pranowo dikutip dari kanal YouTube pribadinya pada Sabtu (15/8). Berikut selengkapnya:

1 dari 4 halaman

Peduli pada Hal-hal Kecil

ulang tahun provinsi jateng

©jatengprov.go.id

Ganjar mengatakan, untuk mewujudkan kepedulian itu, bukan berarti warga Jateng harus melakukan hal-hal seperti menggalang bantuan dana atau sekedar memberi sumbangan pada panti asuhan. Ganjar mengatakan kata “peduli” di sini harus dimaknai lebih luas.

“Menyapa tetangga, tersenyum pada security di kantor, atau berterima kasih pada petugas SPBU. Lihat dan perhatikan sekelilingmu. Mungkin ada batu di jalan kampung yang harus kau singkirkan. Mungkin ada anak kucing terlantar yang harus kau selamatkan. Mungkin ada tetangga sebelah rumahmu yang butuh pertolongan. Dengan peduli hal-hal kecil, maka hal-hal besar-pun akan kita pedulikan,” kata Ganjar dikutip dari YouTube pribadinya.

2 dari 4 halaman

Hantaman Keras

Dalam sebuah pidatonya, Ganjar mengatakan bahwa merebaknya pandemi COVID-19 ini merupakan hal yang tidak diduga-duga. Adanya pagebluk menjadi hantaman keras di berbagai sektor tak hanya kesehatan, namun juga sektor lain seperti perekonomian, pendidikan, sosial, dan juga mentalitas manusia.

“Siapa yang mengira akan ada sekolah atau bahkan kerja online? Siapa yang mengira ekspor impor akan dihentikan walau untuk sementara waktu? Atau siapa yang mengira pabrik, pasar, mall, tempat ibadah sampai tempat wisata bakal membatasi jumlah pengunjung atau bahkan ditutup?”, kata Ganjar dalam pidatonya.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Inovasi

ulang tahun provinsi jateng

©jatengprov.go.id

Menurut Ganjar, adanya pandemi Corona ini membuat warga harus pintar-pintar melakukan inovasi. Dia mencontohkan para petani yang tak leluasa berjualan sayur karena merebaknya pandemi, atau banyaknya siswa yang tak punya biaya beli kuota internet untuk sekolah online.

Tapi karena adanya kendala tersebut, inovasi harus dilakukan agar kehidupan terus berjalan. Dia mencontohkan sekelompok pemuda petani sayur di Kabupaten Semarang yang memutar otak dengan membuat platform jualan sayur online yang membuat omzet penjualan mereka justru naik mencapai 300 persen.

4 dari 4 halaman

Bagi Tugas

ulang tahun provinsi jateng

©jatengprov.go.id

Untuk menghadapi pandemi yang tak kunjung berakhir, Ganjar menginginkan agar momen peringatan hari ulang tahun itu dijadikan momen untuk berjuang bersama. Oleh karena itu, Ganjar mengajak seluruh elemen warga Jawa Tengah untuk bagi tugas.

“Kita bagi tugas, saya dan Anda melakukan pencegahan, tenaga medis melakukan penanganan dan pengobatan, pemerintah memulihkan perekonomian, sosial dan pendidikan, pihak-pihak swasta melakukan penyesuaian dan menyeimbangkan. Pesan saya bapak ibu, jangan anggap remeh Corona karena 750 ribu orang lebih telah kehilangan nyawa. Terima kasih,” kata Gubernur Jateng itu dalam pidatonya dikutip dari Jatengprov.go.id pada Sabtu (15/8).

[shr]



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *