Pendatang dari Luar Kota Masuk ke Cilacap Harus Tes SWAB, Pasien Covid Bertambah

oleh -120 views

Pendatang dari Luar Kota Masuk ke Cilacap Harus Tes SWAB, Pasien Covid Bertambah



By:
Date Uploaded:
Description: Pendatang dari Luar Kota Masuk ke Cilacap Harus Tes SWAB, Pasien Covid Bertambah





Sekda Cilacap Farid Maaruf

CILACAP – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap bertambah. Sejak tanggal 8 Juli hingga 14 Juli 2020 ada tiga penambahan pasien positif Covid-19. Tiga pasien tersebut merupakan, satu warga Penimbangan Kecamatan Cimanggu, satu warga Kecamatan Cilacap Tengah dan satu orang warga Kecamatan Cipari.

Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan, riwayat pasien positif asal Cimanggu sebelumnya memiliki riwayat kontak fisik dengan pasien sebelumnya dan memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya.

“Sedangkan warga Cilacap Tengah, terdiagnosa positif
ketika mengikuti kegiatan di luar kota, sudah dirawat di sebuah RS di Semarang, dan saat ini sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan warga Cipari memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan hasil laboratorium, satu orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Pasien tersebut merupakan satu orang warga Kecamatan Patimuan. Sebelumnya melakukan riwayat perjalanan dari Jakarta.

“Kita juga menerima hasil enam PDP yang dinyatakan negatif Covid-19. Angka kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Cilacap sendiri sebesar 91,18 persen, dan angka kematiannya 1,47 persen,” ujar Farid.

Saat ini jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Cilacap sebanyak 68 orang dengan rincian 62 sembuh, 5 dalam perawatan dan 1 meninggal. Jumlah PDP dirawat sebanyak 5 orang dan ODP 5 orang.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta masyarakat yang hendak masuk ke Kabupaten Cilacap harus memiliki surat keterangan sehat. Mengingat beberapa penambahan kasus positif merupakan warga yang baru datang dari luar kota.

“Saya meminta masyarakat yang datang untuk tes swab. Ini untuk mencegah penularan pasien positif di Kabupaten Cilacap,” kata dia.

Ia juga telah memerintah kepada tim gabungan satgas Covid-19 untuk terus melakukan pemantauan di pos perbatasan Cilacap. Seperti Pos Mergo Dayeuhluhur, Pos Patimuan, Pos Sampang dan Pos Nusawungu.

“Saya meminta masyarakat Cilacap untuk mematuhi protokol kesehatan, tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menerapkan jaga jarak dan jaga pola hidup sehat, supaya kita terhindar dari Covid-19,” pungkas Bupati. (ray)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *