Pemeriksaan Masih Kurang, Cilacap Bakal Swab Tes Massal Mulai Minggu Ini

oleh -27 views


Cilacap, Serayunews.com-Pemeriksaan swab atau PCR massal akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap mulai minggu ini. Tes dengan mengambil sampel lendir dari hidung dan tenggorokan inibakan dilakukan kepada kelompok berisiko.

“Mulai Rabu (10/6/2020) besok akan dilakukan tes PCR massal sifatnya untuk screening, Kita mengambil beberapa kelompok populasi yang rawan penularan, tahap awal minggu ini ada 150 tes PCR,” ujarnya.

Untuk tahap pertama ini, akan dilakukan tes pada petugas di lapangan, seperti dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI Cilacap. Selain itu juga akan dilakukan kepada petugas kesehatan di Rumah Sakit yang menangani langsung pasien, maupun yang di Puskesmas.

Pemeriksaan juga akan berlanjut kepada kepada petugas pasar, pejabat, maupun anggota dewan.

Pemeriksaan PCR ini dilakukan kepada mereka, karena selama arus Lebaran kemarin, petugas-petugas tersebut tetap melaksanakan tugas di lapangan, dan bertemu dengan banyak orang.

“Tahap awal untuk petugas karena risiko tinggi bisa tertular. Kita pengadaan 1000 tes swab dan 1000 rapid test dan dari Pemprov ada sebanyak 2000 swab tes, dan akan segera kita selesaikan,” ujarnya.

Pemeriksaan ini, kata dia juga sebagai satu persyaratan dari WHO untuk memasuki tatanan kehidupan baru. Pasalnya sampai saat ini jumlah pemeriksaan di Cilacap masih sedikit, sehingga positivity rate masih tinggi.

Dikatakan, jika sampai saat ini Cilacap baru memeriksa 1.053 rapid test, dengan jumlah reaktif 53. Sedangkan tes swab baru memeriksa 274, karena yang di tes PCR merupakan, mereka yang hasil rapid tes reaktif Covid-19.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *