Pelaku Wisata Purbalingga Desak Bupati Buka Sektor Wisata

oleh -27 views

Purbalingga, Gatra.com – Pelaku wisata di wilayah Purbalingga, Jawa Tengah mendesak Bupati untuk segera membuka sektor pariwisata. Pasalnya sektor pariwisata telah lama lumpuh sejak pandemi Covid-19.

Manajer Perusahaan Daerah Owabong, Hartono mengklaim pegiat dan pelaku pariwisata di Purbalingga sudah siap untuk menerapkan tatanan baru atau new normal pariwisata.

“Jadi kami sudah siap semua, kami sudah melakukan simulasi, bahkan sudah membentuk tim gugus CHS (Clean, Healthy dan Safety) yang menjadi tiga bagian penting dalam The New Normal Tourisme atau New Normal Pariwisata,” kata Hartono saat penyerahan bantuan jaring pengaman sosial bagi pegiat dan pelaku pariwisata di aula Andrawina komplek Owabong Cottage, Senin (8/6).

Dia mengatakan, pihaknya ingin pariwisata Purbalingga bangkit kembali. Sebab, sektor ini dinilai mampu menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar, bahkan kabupaten.

Menurutnya, sejumlah daerah seperti Bali dan Lombok sudah mulai membuka aktivitas pariwisatanya.

“Bali sudah melakukan pembukaan hari ini di Nusa Dua dan Lombok. Borobudur rencana simulasi. Jadi kami mohon sekali ibu bupati mau segera membuka beroperasinya pariwisata di Purbalingga,” desaknya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, pandemi Covid-19 memukul bidang perekonomian mauypun sektor pariwisata. Sektor pariwisata telah ditutup total sepanjang pandemi Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Penutupan sejumlah objek wisata turut berdampak bagi sektor lain seperti sektor kuliner, sektor UMKM, sektor parkir dan lainnya. Oleh karena itu, Pemkab Purbalingga segera membahas dan membentuk Focus Group Discusion (FGD) untuk menyiapkan tatanan baru sektor pariwisata.

“Jangan sampai kita tertinggal dengan daerah lain. Kita akan segera lakukan diskusi terbatas dengan beberapa pegiat dan pelaku pengelola pariwisata untuk membahas permasalahan ini,” kata dia.

Pemkab Purbalingga juga tengah menunggu kebijakan dari Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, di mana saat ini sedang menggagas suatu konsep pariwisata dalam tatanan baru atau new normal. Tiwi memastikan sektor pariwisata Purbalingga akan segera dibuka secara bertahap.

“Kalau boleh kita tidak usah menunggu, tetapi justru kita mengusulkan konsep apa yang bagus yang bisa kita sumbangsihkan bagi pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam hal ini kementrian pariwisata,” ujarnya.


Reporter: Nugroho Sukmono

Editor: Ade Lukmono


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *