Objek Wisata Makin Ramai, Wisatawan Non-DIY Mendominasi

oleh -2 views

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah wisatawan di DIY terus meningkat sejak objek wisata dibuka kembali pada awal Juli lalu. Berdasarkan data Visiting Jogja, kunjungan wisata pada akhir pekan lalu, Sabtu dan Minggu (15-16/8/2020) masing-masing 17.000 dan 39.000 orang.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menjelaskan meningkatnya kunjungan wisata ini didominasi oleh wisatawan luar DIY, sebesar 53%. “Sudah mulai pergerakan dari non-DIY ke Jogja, ini yang perlu waspada,” ujarnya, Selasa (18/8/3030).

Namun, wisatawan DIY tetap yang paling banyak, kemudian disusul Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan provinsi lainnya dengan jumlah kecil. Sebanyak 51 objek wisata telah masuk sistem Visiting Jogja, terverifikasi, melapor Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan melakukan uji coba terbatas.

BACA JUGA: Waduh, Uang Pecahan Rp75.000 Dijual di Online Rp50 Juta

Penghitungan kunjungan wisata dengan Visiting Jogja dilakukan sejak 10 Juli. Pada hari kerja, kunjungan tidak terlalu signifikan, yakni di bawah 5.000. Di akhir pekan meliputi pada 11 dan 12 juli sebanyak 8.000 orang dan 13.000 orang, lalu pada 18 dan 19 Juli sebanyak 11.000 dan 22.000 orang, kemudian 25 dan 26 Juni sebanyak 18.000 dan 27.000 orang, berikutnya 1 dan 2 Agustus sebanyak 14.000 dan 29.000 orang.

Dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisata ini, ia juga mengimbau wisatawan untuk menjaga protokol kesehatan. “Kalau hanya pengelola saja tidak bisa karena terbatas sekali. Malioboro mungkin masih bisa, tapi kalau seperti di Parangtritis, Baron, jika hanya petugas yang mengingatkan terus tidak bisa,” katanya.

Di samping itu, pihaknya juga mendorong sistem reservasi. Dengan wisatawan melakukan reservasi, pengelola akan mendapat data, dan wisatawan akan mendapat kepastian. Objek wisata masih membatasi jumlah kunjungan, sehingga jika kapasitas sudah penuh wisatawan tidak bisa masuk.

BACA JUGA: 120 Tenaga Kesehatan di Bantul Terkonfirmasi Positif Covid-19

Reservasi bisa dilakukan baik lewat website maupun aplikasi Visiting Jogja. Dinas pariwisata DIY menyiapkan hadiah yang akan diundi pada bulan ini berupa empat voucher hotel bagi wisatawan yang telah melakukan reservasi.

Jawatannya rutin memantau dan mengevaluasi objek wisata bersama dinas pariwisata kabupaten, dinas kesehatan, satpol PP dan gugus tugas.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan apabila wisatawan sudah datang seperti ini, destinasi wisata sudah mendapatkan pendapatan, hotel, biro travel, kuliner dan souveneer juga mengikuti. “Harapannya mendongkrak ekonomi.”

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *