Objek Wisata di Jateng Dibuka Bertahap

oleh -317 views

Semarang: Destinasi wisata di Jawa Tengah mulai dibuka secara bertahap, usai tiga bulan ditutup akibat pandemi virus korona. Pembukaan destinasi wisata bertahap direncanakan di kawasan wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Gedongsong serta sejumlah objek wisata lainnya.
 
“Saat ini dilakukan simulasi dan latihan dulu, ora usah kesusu (tidak perlu terburu-buru), dan semua disiapkan secara matang,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai mengunjungi Candi Gedongsongo, Kabupaten Semarang, Sabtu, 13 Juni 2020, melansir Mediaindonesia.com.
 
Sebelumnya Ganjar mengunjungi Candi Borobudur. Ia kemudian mengecek kawasan wisata Candi Gedongsongo. Ganjar meminta, agar berbagai persiapan dilakukan sebelum objek wisata dibuka. Antara lain perihal pengaturan pengunjung, kesiapan petugas, pengamanan hingga protokol keseharan di tempat wisata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pesantren di Jabar Diizinkan Beraktivitas Lagi
 
Ganjar mengatakan penyiapan juga dilakujan terhadap warga di sekitar objek wisata, terutama para pedagang harus dilatih dan disimulasikan. Sehingga seluruh destinasi wisata siap menerima kunjungan di tengah pandemi covid-19.
 
“Saya meminta para pedagang tetap bersabar, karena pemerintah sedang gencar melakukan persiapan untuk kembali membuka fasilitas-fasilitas publik termasuk pariwisata dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Ganjar.
 
Ia berharap para pengelola objek wisata untuk menyiapkan fasilitas tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan pengaturan pengunjung. Selain itu, polisi wisata pun turut disiapkan.
 
“Untuk mengawasi dan memperingatkan pengunjung yang tidak bermasker atau melanggar protokol kesehatan,” imbuhnya.
 
Secara terpisah, Bupati Blora, Djoko Nugroho, mengizinkan pembukaan destinasi wisata di daerahnya. Dia mengingatkan para pengunjug melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.
Untuk tahap pertama, dua objek wisata sudah dibuka adalah Migas Cepu Edupark dan Keramik Balong di Kecamatan Jepon, Blora, Jateng.
 
“Jangan menerima rombongan pengunjung tapi yang perorangan dulu dan tetap dilaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Seperti wajib bermasker, jaga jarak, cuci tangan dan tidak berkerumun,” kata Djoko.
 
Senada, Bupati Rembang, Abdul Hafidz, mengatakan segera membuka objek wisata di daerahnya secara bertahap. Persiapan pun tengah dilakukan untuk menyambut wisatawan.
 
“Kita sedang lakukan langkah persiapan untuk kembali membuka objek wisata dan menerima kunjungan wisatawan,” ucapnya.
 

(LDS)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *