New Normal, Objek Wisata di Pati Mulai Uji Coba Operasional

oleh -397 views

Pati, Gatra.com – Sejumlah objek wisata di Kabupaten Pati, Jawa Tengah sudah mulai uji coba operasional menjelang kenormalan baru atau new normal. Satu diantaranya destinasi wisata Bukit Pandang Ki Santa Mulya turut Desa Durensawit, Kecamatan Kayen.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pati, Krisno mengatakan, lokasi berpelesir itu diuji coba buka pada hari Minggu (7/6) kemarin dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

“Memang sejumlah objek wisata sebelumnya kita lockdown. Untuk uji coba ini kita sarankan kepada teman-teman untuk menerapkan protokoler,” ujarnya, Kamis (11/6).

Mekanismenya semisal menginstal bak cuci tangan di titik-titik tertentu, pengunjung diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak saat menjelajah destinasi wisata yang berada di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani.

“Saya kira objek wisata lebih aman karena berada di alam bebas dan terpapar langsung matahari. Kan tidak seperti di mall yang berada di dalam ruangan terbatas. Kalau objek wisata kan di out door dan pengunjung pun berpencar di alam,” imbuhnya.

Meski sudah dibuka selama beberapa hari, ia menyebutkan, jumlah pelancong khususnya di Bukit Pandang Ki Santa Mulya tidak begitu banyak. Mengingat masih minimnya informasi terkait uji coba tersebut.

“Tugas kita saat ini bagaimana kegiatan pariwisata di Kabupaten Pati bisa berbenah kembali, maksudnya bagaimana pariwisata ini bisa menarik pengunjung kembali. Agar Pati kembali bangkit di masa pandemi,” bebernya.

Lebih dari itu, diakuinya pihak Pemkab Pati hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait pembukaan destinasi wisata di wilayahnya. Meski begitu, sejumlah pengelola mengaku bakal membuka penuh objek wisata pada pekan ini.

“Rencana dibuka itu minggu-minggu ini. Karena masih menunggu informasi dari Pemkab Pati. Di sini (Bukit Pandang) kita coba buka sejak hari Minggu,” paparnya.

Diketahui, Bukit Pandang Ki Santa Mulya terletak sejauh 3,5 kilometer ke selatan dari Alun-alun Kayen, atau memakan jarak tempuh 15 menit perjalanan dengan berkendara. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan perbukitan dan eloknya hamparan sawah nan hijau, dengan sejumlah wahana termasuk flying fox.


Reporter: Ahmad Muharror

Editor: Andik Sismanto


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *