Menjelajah Jalan di Atas Bukit Angkrukanis yang Mempesona, Bupati: Layak Jadi Wisata Keluarga

oleh -0 views

TRIBUNJATENG COM, BANJARNEGARA – Kabupaten Banjarnegara dianugerahi potensi alam yang menawan. Maklum sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan sehingga mudah menjumpai keindahan alam di kabupaten ini.

Ada yang sudah lama dibuka untuk umum dan terkenal akan keindahannya, semisal Dieng. Ternyata masih banyak keindahan lain yang tersembunyi. Objek-objek alam yang menarik itu satu persatu tersingkap setelah akses untuk mencapainya terbuka. Sebut saja bukit Siderik Dieng dengan pemandangan jalan yang meliuk di punggung bukit di perbatasan Banjarnegara dan Batang, sempat membius wisatawan untuk datang.

Selain itu, kini muncul destinasi baru yang tidak menarik untuk dikunjungi. Masyarakat menamainya Bukit Angkrukanis yang berlokasi di perbatasan Kecamatan Punggelan dan Pandanarum Banjarnegara.

Mulanya bukit ini sepi. Jalan akses untuk mencapainya pun sulit. Tetapi kondisinya berubah seiring terbukanya akses untuk mencapai atas bukit itu. Pemkab Banjarnegara membangun jalan hotmix ke arah sana.

Akhir-akhir ini bukit itu mendadak ramai.  Alasannya, dari puncak bukit yang cukup tinggi di kisaran 850 mdpl itu, tampak pemandangan yang memanjakan mata.  Udara pun segar karena masih banyak pepohonan.

Pemandangan di pagi hari saat matahari terbit lebih elok lagi. Mentari yang baru terbit seolah muncul dari celah gunung Sindoro dan Sumbing. Di sini pun pengunjung bisa merasakan seolah-olah berada di atas awan.

“Tempat ini layak jadi wisata keluarga juga wisata minat khusus. Saya minta Angkrukanis dikelola dengan baik dan tertib, ingatlah sapta pesona,” kata bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Rabu (26/8/2020).

Saat dibuka untuk wisata, Budhi meminta warga menjaga nama baik tempat wisatanya agar menarik pengunjung. Di antaranya dengan menjual makanan atau minuman dengan harga wajar, menjaga kebersihan, keamanan, dan keramahan untuk menyamanan wisatawan.
Berbagai sarana pendukung wisata semisal toliet yang layak juga perlu diadakan.

“Pemkab sudah membangun akses jalan yang bagus, masyarakat yang mengembangkan wisatanya,” katanya

Menurut Darwin, tokoh pemuda setempat, rencana pengelolaan bukit Angkrukanis tersebut akan dikelola pemuda karangtaruna dari desa sekitar yang akan bekerja sama dengan lembaga masyarakat daerah hutan (LMDH). Pihaknya juga membuka peluang bagi investor lokal maupun luar daerah untuk bekerjasama mengembangkan objek wisata bukit Angkrukranis.

“Harapan kami jalan viral bukit Angkrukranis ini berefek positif bisa meningkatkan perekonomian desa sekitar,” ujarnya.

Sementara itu Kades Tlaga Kecamatan Punggelan Wiwi Susanti, mengatakan, pemerintah desa siap mendukung melalui BUMDES untuk bekerja sama dengan pihak pengelola mengembangkan wisata itu.

Dengan dibukanya objek itu untuk umum, ia meminta semua pihak agar saling menjaga hutan setempat agar terjaga kelestariannya. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *