Menguak Jejak Sungai Bengawan Solo Purba, Banyak Peninggalan Prasejarah

oleh -259 views

Menguak Jejak Sungai Bengawan Solo Purba, Banyak Peninggalan Prasejarah

Sungai Bengawan Solo Purba. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com – Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang 548,53 km dan melintasi dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sungai ini memiliki hulu di Lereng Gunung Lawu dan mengalir melintasi berbagai kota besar seperti Wonogiri, Solo, Ngawi, dan Bojonegoro sebelum akhirnya bermuara di Laut Jawa. Namun ternyata dulunya Sungai Bengawan Solo punya aliran yang berbeda dengan aliran yang sekarang.

Bila di zaman sekarang Bengawan Solo mengalir ke utara, diperkirakan empat juta tahun yang lalu sungai itu mengalir ke selatan dan bermuara di Samudra Hindia. Namun keberadaannya hilang akibat pergerakan lempeng Indo-Australia. Berikut selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Membentang Puluhan Kilometer

sungai bengawan solo purba

©2020 Merdeka.com

Sungai Bengawan Solo Purba dulunya membentang sejauh dua puluhan kilometer. Karena pergeseran lempeng, sungai itu mengering dan akhirnya menghilang sejak empat juta tahun silam. Namun jejak aliran sungai itu masih bisa ditemukan hingga kini.

Salah satu tempat yang masih bisa dilihat dari adanya bukti peninggalan Sungai Bengawan Solo Purba adalah di kawasan Gunung Sewu.

Di sana, terdapat kawasan cekungan yang menjadi bekas aliran sungai tersebut. Cekungan itu kemudian berakhir di kawasan Pantai Sadeng yang kini menjadi kawasan wisata.

2 dari 5 halaman

Cekungan Baturetno

sungai bengawan solo purba

©2020 Merdeka.com

Cekungan yang merupakan jejak Sungai Bengawan Solo Pura kemudian dinamakan Cekungan Baturetno.

Cekungan ini memanjang dari Pantai Sadeng ke kawasan Waduk Gajah Mungkur yang memiliki topografi berupa dataran bergelombang dengan ketinggian kurang lebih 150-175 mdpl.

Dilansir dari Geo.web.id, batuan dasar Cekungan Baturetno terdiri dari persilangan antara batuan gamping fragmental dengan kalkarenit dan kalsilutit.

Kini, bekas aliran Bengawan Solo yang berada di dasar Cekungan Baturetno menjadi lahan yang subur. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk bercocok tanam.

3 dari 5 halaman

Pengangkatan Tektonik

sungai bengawan solo purba

©2020 Merdeka.com

Dilansir dari Sejarahunik.net, perubahan aliran sungai Bengawan Solo Purba disebabkan oleh adanya pengangkatan tektonik.

Pada sekitar 4 juta tahun silam, lempeng Australia menghujam ke bawah lempeng Eurasia karena massa jenis lempeng Australia lebih berat dari pada lempeng Eurasia. Sehingga terjadi zona subduksi atau zona penunjaman.

Akibatnya, lempeng eurasia yang massa jenisnya lebih ringan menjadi terangkat ke permukaan. Proses penunjaman itu membuat terjadi pengangkatan daerah perairan laut dangkal yang penuh dengan terumbu karang dan coral.

Daerah perairan laut inilah yang kemudian membentuk daerah Karst Gunung Sewu yang membentang dari Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Wonogiri, sampai Kabupaten Pacitan.

4 dari 5 halaman

Perubahan Aliran Sungai

sungai bengawan solo purba

©2020 Merdeka.com

Pengangkatan daerah tektonik itulah yang menyebabkan aliran Sungai Bengawan Solo yang mengarah ke selatan menjadi terbendung.

Alirannya kemudian berubah mengarah ke utara menuju Laut Jawa melewati jalur lipatan Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Rembang.

Sungai itulah yang kemudian membentuk aliran Sungai Bengawan Solo kini.

5 dari 5 halaman

Banyak Peninggalan Prasejarah

sungai bengawan solo purba

©2020 Merdeka.com

Berdasarkan hasil penelitian kehidupan manusia purba, wilayah yang dulunya menjadi aliran Sungai Bengawan Purba itu ditemukan banyak peninggalan prasejarah.

Di sana banyak ditemukan fosil-fosil seperti penemuan sisa makanan manusia purba dan gua-gua tempat mereka tinggal.

Selain itu menurut warga setempat di tempat itu juga banyak ditemukan fosil binatang laut. 

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi
semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT






Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *