Masjid di Banyumas Bisa Kembali Gelar Shalat Jumat Berjamaah

oleh -13 views


Purwokerto, Serayunews.com- Sejumlah masjid di wilayah Kabupaten Banyumas bisa menggelar kembali shalat jumat berjamaah. Syaratnya mereka harus mengikuti peraturan resmi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, ataupun mengantongi izin dari pemerintah kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein, yang mengungkapkan bisa digelarnya kembali shalat berjamaah di masjid-masjid setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Termasuk perwakilan dari element agama seperti takmir masjid.

Syaratnya, bagi masjid yang digunakan oleh warga sekitar saja, bisa menggelar shalat jumat berjamaah dengan izin dari camat. Namun, bagi masjid yang biasa digunakan shalat jumat dari warga sekitar dan warga luar harus mendapatkan izin dari Pemkab Banyumas.

“Masjid juga harus mengikuti protokol pencegahan Covid-19, seperti adanya sabun atau handsaniterzer, pemeriksaan suhu tubuh bagi para jamaah dan penggunaan masker,” kata dia, Kamis (4/6).

Namun, untuk masjid besar di wilayah perkotaan atau pinggiran jalan Purwokerto. Bupati seperti belum mengizinkan hal tersebut, dengan banyaknya pertimbangan yang ada. “di Desa saja dahulu,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pada saat Pandemik Covid-19 di Kabupaten Banyumas, sekitar pertengahan bulan Maret 2020. Pemkab Banyumas sesuai peraturan pemerintah pusat, telah melakukan larangan sejumlah masjid untuk menggelar shalat berjamaah. Bahkan masyarakat hanya diperbolehkan menggelar shalat di rumah.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *