Kodim Cilacap Ubah Lahan Kosong Jadi Produktif dalam Bentuk KRPL

oleh -39 views

  • Selasa, 9 Juni 2020 | 18:40 WIB
  • Penulis:

CILACAP, suaramerdeka.comKodim 0703/Cilacap ubah lahan kosong jadi produktif dalam bentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Mereka memanfaatkan lahan kosong di komplek asrama Kodim Jalan Dokter Soetomo, Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan.

Upaya pemberdayaan lahan kosong tersebut akan menjadi percontohan bagi pembinaan ketahanan pangan ditingkat Koramil bahkan sampai ke perumahan prajurit.

“Pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan sehingga melalui program ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pokok dan menciptakan ketahanan pangan dalam skala rumah tangga,” kata Perwira Seksi Teritoral (Pasiter) Kodim 0703/Cilacap, Kapten Cba M Isa Saefudin, selaku Koordinator KRPL Kodim 0703/Cilacap, kemarin.

Selanjutnya dia mengatakan, program tersebut digagas sebagai langkah pembinaan satuan dalam menciptakan ketahanan pangan di lingkungan prajurit. Di dalam kawasan KRPL tersebut terdapat berbagai macam tanaman seperti pohon pepaya, buah naga, berbagai jenis cabai, tomat, terong, sawi dan tanaman sayuran yang lain. Selain itu di dalam KRPL juga terdapat kolam ikan yang berisi ribuan ikan nila.

Menurut Kapten Cba M Isa Saefudin, KRPL dikembangkan dengan konsep memberdayakan lahan sempit atau terbatas yang ada di sekitar perumahan prajurit. Jika program ini diaplikasikan tentu akan berguna dalam memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga sehingga secara tidak langsung akan menciptakan ketahanan pangan, baik di lingkup satuan maupun di lingkungan prajurit.

Program KRPL ini mendapat perhatian dari Korem 071 Wijayakusuma. Bahkan Perwira Staf Teritorial dalam hal ini pejabat Pasi Wanwil Sterrem 071/Wijayakusuma, Kapten Inf Kapten Inf Safari DY yang sedang melaksanakan kegiatan Waslakgiat di Makodim Cilacap menyempatkan berkunjung dan meninjau langsung program KRPL Kodim 0703/Cilacap.

“Kami dari Sterrem 071/WK sudah meninjau langsung program KRPL Kodim 0703/Cilacap. Secara umum program ketahanan pangan sudah dilaksanakan dengan baik. Terbukti saat kami tinjau, KRPL sudah penuh dengan tanaman, baik yang masih proses pembibitan maupun yang sudah siap panen. Kami berharap program ini terus diberdayakan dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan prajurit berserta keluarganya,” kata Kapten Inf Kapten Inf Safari DY.


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *