Kodim 0703 Cilacap Tingkatkan Kemampuan Para Babinsa

oleh -50 views

TIMESINDONESIA, CILACAP – Untuk meningkatkan kemampuan Babinsa sebagai aparat kewilayahan, Kodim 0703 Cilacap menggelar Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan II tahun Anggaran 2020 di Aula Satya Kartika Makodim Cilacap, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020).

Kegiatan dihadiri Pasiwanwil Korem 071 Wijayakusuma Kapten Inf Safari, Pasiter Kodim Kapten Cba M Isa Saefudin. Danramil sebagai pemberi materi dan diikuti Babinsa jajaran.

Pembinaan kesiapan Apkowil dan kemampuan teritorial merupakan program TNI AD yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan. Guna membekali para prajurit yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah agar mampu meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter).

Hal itu selaras dengan sambutan Dandim yang disampaikan Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian. Melalui kegiatan ini diharapkan Babinsa jajaran Kodim 0703 Cilacap lebih meningkatkan kemampuan kerja baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

Kasdim-menyampaikan-pentingnya.jpg

Kegiatan ini sebagai barometer bagi aparat kewilayahan, mulai Danramil hingga Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim 0703 Cilacap sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat. Melalui kegiatan metode binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja.

Kasdim menegaskan, seorang Babinsa harus bisa menguasai geografi, demografi, serta kondisi sosial di wilayah tugasnya. Dan semua itu muaranya adalah terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Untuk itu, apa yang menjadi esensi dari kegiatan ini tidak terlepas dari tujuan Binter yaitu terwujudnya ruang, alat, kondisi (RAK) juang yang tangguh, mampu mewujudkan alat juang yang tangguh, dan terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegasnya.

Ia berharap, agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesiapan, kemampuan Babinsa dalam pemberdayaan wilayah.

“Jadikan pemberdayaan wilayah sebagai skala prioritas guna wujud nyata pelaksanaan tugas pokok di lapangan dengan menjadikan Babinsa yang kreatif dan inspiratif, sehingga akan tercapai tujuan pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0703 Cilacap,” tandasnya.

Berkait hal tersebut, para Babinsa mendapat pembekalan berupa materi Sikap Ter yang disampaikan Danramil 09 Kawunganten Kapten Cpm Teguh Budiono, Metode Binter oleh Danramil 10 Gandrungmagu Kapten Inf Marjono, dan materi Lima Kemampuan Ter yang disampaikan Danramil 12 Kedungreja Kapten Inf Tasino. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *