Kecamatan Gandrungmangu Cilacap Sosialisasikan New Normal ke Desa

oleh -81 views

TIMESINDONESIA, CILACAP – Era new normal siap diberlakukan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan itu disampaikan dalam sosialisasi  ke desa-desa yang sudah berstatus zona hijau, seperti dilakukan Desa Gandrungmanis, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Sosialisasi new normal yang dilakukan di desa tersebut langsung disampaikan Camat Gandrungmangu, Drs Achmad Nurlaeli, MSi, Minggu (7/6/2020) malam.

“New normal bukan berarti bebas sebebasnya seperti sebelum ada corono virus, ada panduan dan protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan”, ucap Camat.

Apa yang wajib dilaksanakan, lanjut Camat, di antaranya wajib memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, serta tetap wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan cairan hand sanitizer.

Sedangkan untuk tempat ibadah, dalam hal ini masjid, panduan tambahan yang harus dilakukan dengan membawa perlengkapan shalat sendiri semisal sajadah, mempersingkat waktu pelaksanaan ibadah, harus dipisah antara pintu masuk dan keluar bagi jamaah, serta untuk sementara tidak berjabat tangan.

Tempat ibadah yang boleh dibuka kembali pun diberlakukan bagi daerah yang sudah masuk zona hijau, itupun baru sebatas shalat berjamaah dan shalat Jumat saja.

“Secara bertahap, sektor yang lain juga akan mengikuti”, kata Acmad Nurlaeli sembari menambahkan jika di kecamatan Gandrungmangu ada satu desa yang masih zona merah yaitu Desa Kertajaya.

Camat juga berharap, masyarakat dalam menjalani new normal ini, tetap harus disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan, dan semoga status zona merah segera berakhir, agar masyarakat dapat menjalani tatanan kehidupan baru pasca pandemi covid-19.

Sementara Rasimin, Kepala Desa Gandrungmanis, menuturkan dengan adanya sosialisasi new normal yang dihadiri oleh seluruh ketua RT, RW, serta perangkat desa, diharapkan dapat tersampaikan dan warganya bisa memahami dan menindaklanjuti.

Selain dihadiri oleh seluruh ketua RT, RW, dan perangkat desanya, hadir dalam sosialisasi new normal tersebut yaitu Camat Gandrungmangu, unsur Forkopincam yang terdiri dari Polsek dan Koramil, juga tokoh masyarakat dan alim ulama di Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *