Kebun Binatang TSTJ Solo Akan Dibuka, Ibu Hamil dan Anak-Anak Dilarang Masuk

oleh -145 views

SOLO, iNews.id – Setelah kurang lebih empat bulan ditutup, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membuka kembali wisata kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Namun, sama dengan persyaratan pengunjung mal, ibu hamil dan anak-anak juga dilarang masuk ke kebun binatang.

Sebagai syarat bisa dibukanya kebun binatang, Pemkot Solo mewajibkan pengelola menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung dibatasi, baik jumlah, waktu kunjung maupun usianya. Salah satunya, anak di bawah 18 tahun dan ibu hamil tidak diperbolehkan berkunjung ke kebun binatang TSTJ.

“Anak-anak ya enggak boleh, ibu hamil ya enggak boleh. Jadi yang boleh nonton ke sini itu 18 tahun ke atas,” ucap Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Senin (15/6/2020).

Untuk pengaturan jam kunjung, Rudy meminta setiap orang punya waktu yang berbeda. Sehingga tidak boleh ada satu pengunjung yang seharian di dalam area kebun binatang.

“Jangan seharian ada di sini, misal dari kloter pertama dari jam sekian sampai jam berapa. Nanti teknisnya pengelola TSTJ,” ujarnya.

Sementara itu, pengelola TSTJ menyebut akan melakukan simulasi terlebih dahulu sebelum dibuka. Protokol kesehatan standar seperti penggunaan masker, cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan jaga jarak tetap menjadi nomor satu.

Direktur Utama TSTJ Solo Bimo Wahyu widodo Dasir Santoso mengatakan, rencananya paling cepat akan dibuka Jumat (19/6/2020) mendatang. Sebelumnya, TSTJ sempat mengalami kesulitan pengelolaan karena tidak ada pengunjung akibat pandemi Covid-19.

“Kemarin saya sudah simulasi. Nanti kami akan simulasi kembali sebelum hari Jumat,” katanya.

Pengelola bahkan, telah menjual sekitar 50.000 tiket kepada masyarakat untuk bisa digunakan setelah dibuka kembali. Nantinya, setiap harinya pengunjung dibatasi hanya 1.000 orang yang akan dibagi dalam dua kloter.

Editor : Nani Suherni



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *