Kanwil DJP Jateng II Siap Buka Kembali Layanan Pajak Tatap Muka.

oleh -172 views

200613192257-kanwi.jpg

Tok Suwarto

Suasana KPP Pratama Surakarta  menjelang dibukanya kembali layanan pajak secara tatap muka dalam fase tatanan normal baru. 

SETELAH layanan transaksi perpajakan di semua Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama secara tatap muka ditiadakan dari 16 Maret 2020, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai Senin (15/6/2020) akan membuka kembali layanan pajak secara tatap muka yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Di Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II, yang meliputi KPP Pratama Surakarta, Klaten, Temanggung, Purwokerto, Purbalingga, Purworejo, Magelang, Cilacap, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo dan Kebumen, layanan pajak secara langsung berlaku di seluruh unit kerja.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II, Dr. Rudy Gunawan Bastari M.Tax, menjelaskan kepada wartawan, Sabtu (13/6/2020), ada beberapa layanan yang tidak dilayani secara tatap muka, antara lain pendaftaran NPWP, pelaporan SPT Tahunan dan SPT Masa yang sudah wajib e-Filing, permohonan Surat Keterangan Fiskal (SKF), validasi SSP PPhTB, layanan aktivasi EFIN, dan layanan VAT Refund di bandara yang bisa diakses secara online.

Pihak Kanwil DJP Jawa Tengah II membuka kanal untuk layanan secara daring, yaitu melalui website www.pajak.go.id , email KPP atau email tertentu.

“Dalam mempersiapkan pembukaan kembali layanan tatap muka di fase tatanan normal baru, semua unit kerja di wilayah DJP Jawa Tengah II melaksanakan protokol kesehatan sesuai SE DJP nomor SE-33/PJ/2020 tentang panduan pelaksanaan tugas dalam tatanan normal baru di lingkungan DJP. Protokol kesehatan tersebut, antara lain pemasangan tabir kaca di Tempat Pelayanan Terpadu, serta menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan bagi pengunjung,” kata Rudy.

Menurut Rudy, wajib pajak maupun pengunjung sebelum masuk ruang kantor pajak akan diukur suhu badannya menggunakan thermal gun dan wajib mengenakan masker. Saat wajib pajak mengantre dilakukan pembatasan jarak di ruang tunggu, serta di beberapa KPP Pratama juga diterapkan protokol kesehatan tambahan dengan menutup area bermain anak-anak dan ruang laktasi.

Meskipun layanan tatap muka dibuka kembali, Rudy berharap para wajib pajak lebih dahulu memanfaatkan layanan daring di KPP Pratama di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah II. Bagi wajib pajak yang terpaksa harus berkonsultasi secara langsung, diminta membuat janji terlebih dahulu dengan petugas di KPP.

“Kita berharap pandemi Covid 19 segera berakhir. Sehingga kehidupan masyarakat normal kembali dan perekonomian nasional kembali tumbuh sesuai proyeksi Kementerian Keuangan Republik Indonesia,” sambungnya.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *