Kampung Kreatif Karisma Pertamina Tawarkan Wisata dan Kuliner Khas Sungai Serayu

oleh -67 views


Cilacap, Serayunews.com-Meskipun di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan masyarakat Desa Karangrena Kecamatan Maos, untuk mewujudkan Kampung Kreatif. Dengan menerapkan protokol kesehatan, Kampung Keatif Karisma Pertamina (K3P) yang digagas oleh warga Desa Karangrena Kecamatan Maos bekerjasama dengan Pertamina Fuel Terminal Maos, diresmikan oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih, Senin (15/6/2020).

Kampung Karisma mewadahi kreativitas, inovasi dan warga serta pelaku usaha di Desa Karangrena. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Secara gotong-royong, warga menyulap kampungnya menjadi lebih menarik, dengan disiapkan tempat kuliner, panggung seni budaya, sanggar wayang. Selain itu juga spot-spot foto unik dan kekinian bagi para pengunjung.

Ketua Kampung Kreatif Karisma Pertamina Martin Tri Santosa mengatakan Kampung Karisma ini berdiri, dari ide-ide para pemuda yang ingin meningkatkan ekonomi kreatif di desanya. Ide tersebut, kemudian disambut oleh Pertamina Fuel Terminal Maos, melalui tanggungjawab sosial atau CSRnya.

“Berbagai potensi yang ada di Desa Karangrena pun diangkat, mulai dari wisata, menyiapkan kuliner khas yakni kecipir dan hasil sungai Serayu, kerang thoe atau totok, lalu kita juga mengangkat seni budaya seperti dalang, karawitan, sinden, maupun ebeg, Kita juga kembangkan potensi di bidang pertanian, serta hasil kerajinan unggulan masyarakat,” ujarnya.

Martin mengatakan jika seni budaya akan terus dikuatkan, terutama agar generasi muda tidak kehilangan akar budaya. Sehingga mereka pun selain bisa mengenal, juga bisa menjadi pelaku.

Kedepan, pihaknya juga akan mengoptimalkan potensi wisata di Sungai Serayu, dengan membuat dermaga. Dimana selama ini, warga Desa Karangrena sudah berdampingan dengan Sungai Serayu tersebut, dan belum termanfaatkan dengan maksimal.

“Semoga apa yang dicita-citakan melalui Kampung Kreatif Karisma Pertamina untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terwujud dan dapat berlanjut sampai anak cucu kita nanti, karena tidak ada tujuan yang tidak mungkin diwujudkan ketika kita bekerja bersama-sama,” ujarnya.

Manager Pertamina Fuel Terminal Maos Sonny Besar Indra F mengatakan jika salah satu tuga Pertamina yakni membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya. Salah satunya dengan mendorong terbentuknya Kampung Kreatif Karisma Pertamina di Desa Karangrena yang menjadi ring 1.

“Kami akan mendampingi sampai kampung ini mandiri. Melalui tim CSR yang kami bentuk, ini juga akan dievaluasi, dan dipantau, agar keberadaan Kampung ini bisa menghidupkan ekonomi masyarakat Maos,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap sekaligus Anggota Komiis II DPR RI Teti Rohatiningsih yang meresmikan kampung tersebut mengapresiasi langkah-langkah para pemuda Desa Karangrena dengan membangun Kampung Kreatif Karisma Pertamina. Dengan mengangkat ekonomi kreatif desa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat apresiasi kegiatan pemuda di Desa Karangrena yang punya inovasi mengembangkan daerahnya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ini tentu sejalan dengan program Pemkab Cilacap yakni Bangga Mbangun Desa,” katanya.

Dia juga berharap dengan adanya Kampung Karisma ini, maka akan menumbuhkan ekonomi kreatif, UKM, dan sebagai tempat nguri-uri budaya, khususnya asli Cilacap. Kedepan pihaknya uga akan memberikan dukungan dalam berbagai bentuk.

Keberadaan Kampung Karisma ini, disambut baik oleh masyarakat, Purwati, salah satu warga Desa Karangrena mengatakan dengan adnaya kampung itu, maka dia bisa berjualan. Sehingga bisa menambah penghasilan ekonominya.

“Jadi bisa usaha, yang punya kerajinan juga bisa dikembangkan, dan juga membuka lapangan kerja bagi pengangguran. Harapannya kampung ini bisa terus maju dan berkembang,” katanya.

Untuk itu, dia juga mengajak masyarakat untuk datang dan berwisata di Kampung Kreatif Karisma Pertamina yang ada di Desa Karangrena Kecamatan Maos.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *