Kampung Kreatif Karisma Cilacap Tumbuhkan Kreativitas Warga

oleh -70 views

TIMESINDONESIA, CILACAP – Konsep Kampung Kreatif Karisma di Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, adalah memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah tersebut agar menjadi lebih menarik.

Caranya dengan mengubah tampilan. Mulai dari jalan, perumahan, dan fasilitas umum yang ada menjadi berbagai kreasi lukisan atau menyulap barang bekas menjadi karya kerajinan tangan.

Babinsa Desa Karangrena, Koramil 07 Maos, Sertu Suyanto sebagai aparat kewilayahan yang membina wilayah Desa Karangrena, Senin (15/6/2020) mengatakan, ia selalu berpikir untuk memajukan desa binaan dan membangkitkan kreativitas warga setempat agar lebih produktif.

Kampung-Kreatif-Karisma-Cilacap-b.jpg

Perlahan, apa yang menjadi harapan mulai terwujud dengan tumbuhnya nilai-nilai kreativitas pada diri warga sehingga menggugah kepedulian komponen masyarakat dan dukungan dari TBBM Pertamina Maos.

Dengan program CSR-nya, TBBM Pertamina Maos akhirnya menggagas Kampung Kreatif Karisma, dimana akan mengubah wajah Desa Karangrena menjadi icon atau simbol wisata lokal.

Babinsa Desa Karangrena Sertu Suyanto mengatakan, selain memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah agar menjadi lebih menarik, konsep Kampung Kreatif Karisma mengubah tampilan desa mulai dari jalan, perumahan, dan fasilitas umum yang ada disulap menjadi bermacam kreasi lukisan atau menyulap barang bekas menjadi karya kerajinan tangan.

“Dengan sentuhan tangan kretif, semua bisa menjadi lebih indah dan menarik, dengan kepedulian apa yang menjadi impian akan terwujud,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Karangrena Rasito mengungkapkan, pembentukan Kampung Kreatif Karisma tak lepas dari support atau dukungan berbagai pihak. “Melalui kegiatan ini kita bersama warga mendirikan saung-saung (rumah kecil) yang dapat dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk lokal maupun kuliner,” ucapnya.

Kampung-Kreatif-Karisma-Cilacap-c.jpg

Hal ini tentu mampu membangkitkan roda perekonomian masyarakat, setelah beberapa lama kita menjalani masa-masa pandemi Covid-19, melalui Kampung Kreatif Karisma di era new normal ini menjadi sarana hiburan dimana warga tidak bosan dan bersemangat untuk datang berkunjung dan berwisata kuliner.

“Harapannya, dengan dibukanya tempat ini bisa menjadi icon wisata lokal yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakat dan menjadi kebanggan kita bersama,” tegas Rasito.

Sementara itu, pihak pengelola Kampung Kreatif Karisma tetap memberlakukan protokol kesehatan. Setiap pengunjung wajib memakai masker dan menjalani tes suhu menggunakan thermo gun oleh petugas, juga aturan physical distancing diterapkan. Setiap warga yang datang harus menjaga jarak sebagai upaya preventif mencegah persebaran Covid-19. 

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Cilacap, Hj Teti Rohatiningsih, yang juga Anggota DPR-RI itu, hadir untuk meresmikan kampung ini.

Teti mengatakan, Kampung Kreatif Karisma menumbuhkan banyak kreativitas di lingkungan masyarakat Desa Karangrena, Kecamatan Maos.

Hadir dalam launching Kampung Kreatif Karisma tersebut, Camat Maos Bintang Dwi Cahyono, Danramil 07 Maos yang diwakili Babinsa Sertu Suyanto, Kapolsek Maos yang diwakili Aiptu Sumarsono, Kepala TBBM Pertamina Maos Sonny, perwakilan dinas instansi, Kepala Desa Karangrena Rasito dan perangkat, serta beberapa ormas, dan warga setempat. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *