Jumlah Penduduk Meningkat, Volume Sampah Cilacap Capai 170 Ribu Ton

oleh -206 views

Jumlah Penduduk Meningkat, Volume Sampah Cilacap Capai 170 Ribu Ton



By:
Date Uploaded:
Description: Jumlah Penduduk Meningkat, Volume Sampah Cilacap Capai 170 Ribu Ton




Sampah di Pantai Cilacap

CILACAP – Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Cilacap, volume sampah per hari mencapai 170 ton. Sampah tersebut ditampung di empat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) diantaranya di TPA Tritih Lor Jeruklegi, TPA Sidareja, TPA Majenang dan TPA Kroya.

Kepala Seksi Pengurangan dan Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Teguh Ayunanto mengatakan, peningkatan sampah dikarenakan dengan peningkatan jumlah penduduk, dengan total 1,8 juta penduduk Kabupaten Cilacap tahun 2019.

“Akumulasi sampai di tahun 2019 mencapai 315 ribu ton. Tingkat pertumbuhan sampah per orang ada 1 ons per tahun. Dengan jumlah penduduk yang sama pun akan meninggkat apalagi jika bertambah,” kata dia.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Cilacap merespon dengan menggenjot sejumlah program kebersihan lingkungan. Salah satunya meningkatkan gotong royong kerjabakti diberbagai wilayah.

“Indikator sampah di Cilacap kebanyakan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga. Untuk mengurangi potensi sampah butuh kerjasama antar pihak, baik kesadaran masyarakat maupun dari desa untuk mengalokasikan penggunaan dana desa untuk pengadaan pengelolaan sampah,” ujarnya. (ray)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *