Jelang Pilkada, 13 Kajari di Jateng Diganti — RADARSEMARANG.ID

oleh -180 views


RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tiga unsur pimpinan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah dipromosikan  menduduki jabatan baru. Ketiganya adalah Wakil Kajati Dr Erryl Prima Agoes Putera dipromosikan menjadi Kepala Kejati Maluku Utara, Asisten Intelijen (Asintel) Ponco Hartanto menjadi  Koordinator JamIntel Kejagung, dan Asisten Pembinaan (Asbin) RD Muhammad Teguh Darmawan menjadi Asisten Perdata dan Tata Usaha (Datun) Kejati  Jawa Timur.

Adapun jabatan Wakil Kepala Kejati yang baru dijabat Albina Dita Prawitaningsih sebelumnya menjabat Wakajati Sulawesi Utara. Asitel yang baru dijabat Emilwan Ridwan sebelumnya menjabat Kajari Bengkulu. Sedangkan Asbin yang baru dijabat Yudha Purnawan Sudijanto, sebelumnya menjabat Kasubdit Pratut Pada Dir Oharda Jampidum Kejagung.

Selain keduanya, juga ada 13 pejabat baru yang menduduki sejumlah Kepala Kejari (Kajari) di wilayah Jawa Tengah. Masing-masing adalah Kajari Cilacap dijabat Timotius Tri Ari Mulyanto, Kajari Banjarnegara dijabat Sigid Januaris Pribadi, dan Kajari Batang Silvia Desty Rosalina.

Selain itu, Kajari Brebes Emy Munfarida, Kajari Sragen Sinyo Redy Benny, Kajari Wonosobo Safrianto Zuriat Putra, Kajari Pemalang Tati Vain Sitanggang, Kajari Kebumen Slamet Riyanto, Kajari Magelang Edi Isran Kurniawan, Kajari Purwokerto Sunarwan, Kajari Demak Suhendra, Kajari Banyumas Amrizal Tahar, Kajari Temanggung Sunanto, ditambah satu Koordinator di Kejati Jateng Agita Tri Moertjahjanto.

Kepala Kejati Jateng Priyanto mengatakan, alih tugas, mutasi dan promosi merupakan proses perjalanan organisasi yang harus terus bergerak  maju secara berkesinambungan, yang bertujuan memenuhi  tuntutan tugas yang semakin kompleks dan berkembang tiada henti. Ia menyampaikan tugas yang diterima maupun diserahkan merupakan sebuah kepercayaan yang membawa konsekuensi tanggungjawab untuk diemban dilaksanakan dengan baik, amanah, kerja keras, penuh kesungguhan, dan keikhlasan.

“Maka dari itu, sebuah jabatan, kewenangan, kedudukan apapun dan dimanapun, hendaknya diniatkan sebagai kesempatan baik dan terhormat, guna menjadikannya sebagai ladang pengabdian untuk melakukan sesuatu yang terbaik, agar penegakkan hukum yang kita lakukan memberikan manfaat besar bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Priyanto saat memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di lingkungan Kejati Jateng, Kamis (11/6/2020).

Priyanto juga mengintruksikan kepada para kajari di wilayah hukumnya menyikapi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pilkada serentak akan digelar di 4 kota dan 17 kabupaten di Jateng, agar senantiasa menjaga dan memelihara netralitas dengan tidak menunjukkan keberpihakan, terlebih menyalahgunakan jabatannya dalam upaya memenangkan calon pasangan kepala daerah tertentu.

“Saya tegaskan aparatur tetap konsisten untuk mengawas proses pilkada pada setiap tahapannya, melalui upaya penegakan hukum yang imparsial dan bebas dari kepentingan politik tertentu dan berperan aktif, meningkatkan kordinasi dan hubungan kerjasama yang baik dengan semua pihak,”tandasnya.

Namun demikian, Priyanto juga mengingatkan agar senantiasa mengoptimalkan pengawasan dan pendampingan terhadap penggunaan anggaran penanganan Covid-19. Sehingga pasti digunakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, tanpa sedikitpun disalahgunakan.

Asisten Intelijen Kejati Jateng yang baru Emilwan Ridwan memastikan akan meneruskan program yang baik dijalankan oleh pejabat lama, Ponco Hartanto. Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat koordinasi dengan media. Ia berjanji akan membuka diri dengan para jurnalis terkait kinerja di Kejati Jateng. Untuk saat ini, pihaknya memastikan akan menjalankan instruksi pimpinan barunya, Priyanto, terkait pelaksanaan Pilkada.

“Terkait pelaksanaan kegiatan, kami akan koordinasi dahulu dengan pimpinan. Yang pertama program saya tentunya di intelijen akan menjalankan hal-hal baik dan positif yang dijalankan oleh pendahulu saya, Pak Ponco Hartanto,”ungkapnya. (jks/aro/bas)

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *