Jelang Era ‘New Normal’, Menuju Kebangkitan Sektor Pariwisata Jabar

oleh -178 views

Liputan6.com, Cirebon – Memasuki tahapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal di Cirebon, sejumlah persiapan terus dilakukan. Salah satunya di sektor pariwisata yang sempat terpuruk di tengah pandemi covid-19.

Pemprov Jawa Barat diketahui akan melakukan normalisasi pariwisata yang sempat lumpuh akibat covid-19. Normalisasi tersebut dilakukan secara bertahap hingga Januari 2021 mendatang.

“Memang bisnis pariwisata terkena dampak signifikan di tengah pandemi covid-19 dan perlu ada recovery. Berhubung Cirebon siap, kami akan upayakan normalisasi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Deddy Taufik, Rabu (3/6/2020).

Deddy menyebutkan, recovery akan dilakukan bertahap mulai Juni hingga Desember 2020 mendatang dan memasuki bulan Januari 2021. Deddy mengaku, dalam upaya recovery ini, seluruh elemen harus berlari.

Dia menjelaskan, pemerintah dan pengelola wisata harus total dan fokus dalam recovery tempat wisata. Sebab, pada Januari 2021 diharapkan bisa memasuki fase normalisasi.

“Kita harus full speed menuju normalisasi recovery pariwisata di Jawa Barat termasuk Cirebon,” ujar Deddy.

Dia menjelaskan, Pemprov Jawa Barat tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. Pemberlakuan PSBB Proporsional tersebut fokus pada lima tingkat kewaspadaan masing-masing kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Berdasarkan data yang ada, Cirebon masuk ke dalam salah satu kawasan zona biru di Jawa Barat. Sementara itu, 12 kabupaten kota lain masih zona kuning.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *