Gerakan BISA Kemenparekraf Hadir di Petungkriyono Bantu Majukan Wisata di Kabupaten Pekalongan

oleh -7 views

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN – Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hadir di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (8/8/2020).

Gerakan BISA merupakan, gerakan padat karya yang bertujuan untuk meningkatkan peran pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Khususnya dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan di destinasi untuk memasuki masa adaptasi kebiasaan baru.

Sekretaris Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Haryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah secara nasional dengan tujuan untuk menggerakkan perekonomian dan memberdayakan masyarakat di masa pandemi seperti ini.

“Kami datang ke Kabupaten Pekalongan sudah ke dua kali ini. Pertama di Pantai Depok Wonokerto dan ini di Welo Asri, Petungkriyono.”

“Pertumbuhan ekonomi kita sudah menurun dan produksi industri juga menurun, maka suasana seperti itu harus di dorong secara langsung untuk bergerak dan tumbuh di masa pandemi Covid-19,” kata Haryanto kepada Tribunjateng.com.

Kemenparekraf juga menilai, bahwa masalah pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak di masa pandemi. Ini terjadi bukan hanya di Indonesia saja, ataupun di suatu daerah tetapi ini terjadi di seluruh dunia.

“Harapannya, gerakan BISA ini adalah bentuk konkret dari pemerintah melalui Kemenparekraf untuk mendorong perekonomian masyarakat agar pariwisata siap kembali menerima kunjungan wisatawan, tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Haryanto mengungkapkan, untuk di Kabupaten Pekalongan dengan keterbatasan sumber daya yang ada, bahwa pariwisatanya sudah berjalan dan bagus.

Menurutnya, ada wisata di daerah pesisir pantai dan wisata pegunungan. Hal ini menunjukan, bahwa pada hakikatnya potensi wisata di Kabupaten Pekalongan cukup lengkap, tinggal dimaksimalkan pengembangannya.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *