Ganjar Pranowo Sebut Semburan Lumpur di Blora Bukan karena Ulah Manusia

oleh -1 views

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut semburan lumpur di Wisata Geologi Kesongo di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Randublatung, Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jateng, bukan karena ulah manusia.

“Sudah dilakuan pengecekan oleh SDM (ahli geolog) kami, bahwa semburan lumpur ini bukan karena ulah manusia, melainkan faktor alam,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 28 Agustus 2020.

Ganjar melanjutkan, fenomena semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung hampir sama dengan di Bledug Kuwu, Kecamatan Grobogan, Jateng. Bahkan, semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung juga pernah terjadi pada 2013 silam.

Baca Juga: Update 28 Agustus: Nol Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Hanya di Kecamatan Nagreg

Menurutnya, fenomena semburan lumpur disebabkan kandungan mineral yang sangat kaya di wilayah Jateng.


“Sebelumnya ada kejadian serupa di daerah Grobogan. Sekarang sudah jadi tempat wisata. Kalau beberapa tempat lain di Jateng, ada yang menyemburkan air,” imbuhnya.

Adapun terkait adanya 4 orang yang jadi korban keracunan gas semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung, kata Ganjar, telah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapat pertolongan medis.

“Mereka sudah pulang setelah 1 jam perawatan di puskesmas. Sepertinya saat semburan terjadi itu keluar gas, dan gas terhirup oleh warga setempat dan menyebabkan pusing dan mual,” ucap Ganjar.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *