Gandeng FUI Cilacap dan Elemen Masyarakat, Dapur Lapangan Forkopimda Hasilkan 1.350 Bungkus Nasi

oleh -137 views

TIMESINDONESIA, CILACAPDapur Lapangan Forkopimda yang berada di wilayah Cilacap, Jawa Tengah untuk membantu warga masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Cilacap, menghasilkan ribuan nasi bungkus dalam setiap gerakannya.

Kali ini, Kamis (4/6/2020) di Kecamatan Cilacap Utara, Dapur Lapangan Forkopimda menghasilkan 1.350 bungkus nasi.

FUI-Cilacap-2.jpg

Ribuan bungkus nasi tersebut didistribusikan kepada warga di Cilacap Utara (500 bungkus, Cilacap Tengah (200 bungkus), Cilacap Selatan (200 bungkus), KSKP (50 bungkus), dan  Nusakambangan (50 bungkus).

“Kita juga buat 150 bungkus untuk FUI Cilacap, karena berperan aktif menyukseskan dapur lapangan ini,” kata Pelaksana Dapur Lapangan Forkopimda di Cilacap Utara AKP Arif Budi Haryono, yang juga Kapolsek Cilacap Utara itu.

Menurut Arif, yang terlibat di dapur lapangan semua elemen masyarakat dari TNI, Polri, kecamatan, PKK kelurahan, Persit KCK, Bhayangkari, FUI, Pramuka, dan masyarakat yang memberi bantuan atau kontribusi berkait tenaga untuk suksesnya dapur lapangan.

Dapur lapangan merupakan program dari Forkopimda Kabupaten Cilacap, untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

“Setidaknya memberikan sumbangan kepada warga dalam bentuk nasi bungkus. Sementara teknis pendistribusiannya diambil dari data masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Artinya, mereka yang di level bawah dengan kategori miskin, kemudian yang betul-betul membutuhkan kaitannya dengan pemberian nasi bungkus,” imbuh Arif.

Dapur ini juga meringankan warga yang membutuhkan. Ditanya persiapan new normal, ia mengatakan bahwa kemarin sudah dirapatkan dan ada beberapa tahapan.

“Tahap 1 nanti akan dibuka tempat ibadah, masjid, pelayanan jasa lain dan kesehatan, klinik, namun tetap menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Arif menekankan bahwa masyarakat melaksanakan dan dikembalikan ke situasi seperti sediakala. Namun untuk pelaksanaan kegiatan sehari-hari dilaksanakan protokol kesehatan.

“Mereka kembali ke kegiatan awal atau normal tetapi mereka tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah,” urainya.

Diharapkan semuanya berjalan lancar, bisa membantu warga masyarakat yang membutuhkan, dan ini berkat kontribusi semua elemen yang ada di Cilacap Utara.

FUI-Cilacap-3.jpg

“Harapan yang paling hakiki adalah Covid-19 ini betul-betul diangkat oleh Allah SWT, sehingga kita nanti semuanya terhindar dan terbebas dari Covid-19,” tegas Arif.

Sementara itu, Ketua FUI Cilacap Syamsudin mengatakan, FUI ikut andil dalam penanganan masalah Covid ini. Sudah sewajarnya karena memang saat ini yang terdampak pandemi Covid-19, lebih banyak umat Islam.

“Maka FUI ikut dalam dapur lapangan ini memang sinergis, berkomitmen untuk membantu sesama, siapapun dan golongan manapun dari organisasi apapun, dan alhamdulillah FUI yang terdiri dari berbagai organisasi Islam yang ada di Cilacap, ketika pemerintah, negara memanggil kita siap, tidak ada kalimat untuk kita tolak, tidak ada kalimat untuk tidak membantu, harus kita bantu dan sukseskan,” ucap Syamsudin.

Ia menambahkan, terlebih ini ranah amar makruf yang luar biasa. Mudah-mudahan dengan sinergi FUI Cilacap beserta Forkopimda yang saat ini dapur lapangannya bermarkas di Cilacap Utara, tidak hanya terbatas bersinergi di bidang ini saja.

“Insya Allah di mana saja selama itu untuk kepentingan negara, bangsa, dan agama, kita siap membantu,” lanjut Syamsudin. 

Yang terlibat saat ini, diantaranya Lazis-Mu, Lazis-NU, Al Azhar, Al Irsyad, GSC, IBF, IPMI, IIBF, One Care, Syam Organizer, dan Majelis Mujahidin.

Memang FUI memberikan dorongan kuat untuk teman-teman ini, mudah-mudahan new normal akan mengubah sesuatu ke arah yang baru, ke arah yang lebih baik. Mudah-mudahan niat kita semua, niat pemerintah dimudahkan oleh Allah SWT untuk memperolehnya.

“Semoga dengan dapur lapangan ini bisa meringankan sedikit, karena merupakan harapan baru bagi masyarakat,” tandas Syamsudin.

Pada kesempatan tersebut FUI Cilacap membantu 140 kg ayam dan 26 kg telur untuk Dapur Lapangan Forkopimda. Bantuan diserahkan Syamsudin ke Camat Cilacap Utara Sunarti. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *