Dibangun di Bawah Tanah, Ini 5 Fakta Unik Benteng Pendem Cilacap

oleh -149 views

Dibangun di Bawah Tanah, Ini 5 Fakta Unik Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap. ©Wikipedia.org

Merdeka.com – Indonesia pernah dijajah Belanda selama berabad-abad. Selama masa itu, banyak perang terjadi. Karena perang itulah para tentara banyak membangun benteng sebagai bentuk perlindungan dari serangan musuh.

Banyak benteng di Indonesia yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Benteng-benteng itu menandakan banyaknya pertempuran yang pernah terjadi di negeri ini. Salah satu benteng itu ada di Cilacap. Benteng itu bernama ‘Benteng Pendem’.

Sesuai namanya, ‘pendem’ yang berarti tertimbun atau terkubur, benteng ini dibangun di dalam tanah. Benteng ini dibangun oleh pasukan Belanda secara bertahap mulai dari 1861 sampai 1879. Dilansir dari Indonesia.go.id, benteng ini dibangun di Cilacap karena lokasinya yang strategis. Berikut selengkapnya:

1 dari 5 halaman

Sejarah Singkat Benteng Pendem

benteng pendem cilacap

©Wikipedia.org

Dalam bahasa Belanda, benteng itu memiliki nama asli Kustbatterij op de Landtong te Cilacap yang memiliki arti “tempat pertahanan pesisir di atas tanah yang menjorok ke laut”. Benteng ini didirikan secara bertahap sejak 1861 hingga 1879 oleh arsitek Belanda.

Karena dibangun di bawah tanah, masyarakat sekitar menamainya ‘benteng pendem’. Secara arsitektur, benteng ini merupakan tiruan Benteng Rijhnauwen yang merupakan benteng terbesar di Belanda.

2 dari 5 halaman

Lokasinya Strategis

benteng pendem cilacap

©jejakpiknik.com

Benteng ini didirikan penjajah Belanda di lokasi yang strategis untuk pendaratan karena terlindungi oleh Selat Nusakambangan. Oleh karenanya, benteng ini dibangun sebagai pertahanan selatan Pulau Jawa.

Pada 1942, benteng ini sempat direbut Pasukan Jepang. Setelah Jepang pergi, benteng ini direbut lagi oleh Belanda pada 1945-1950. Sempat dua tahun ditinggalkan, benteng itu kemudian menjadi markas dan tempat latihan TNI pada 1952-1965. Setelah itu, benteng ini kemudian terbengkalai.

3 dari 5 halaman

Dibuka untuk Pariwisata

benteng pendem cilacap

©jejakpiknik.com

Pada 1965-1986, area benteng terus terbengkalai. Saking terlupakannya, benteng ini sempat tak terlihat karena bangunannya terpendam tanah pesisir pantai Teluk Penyu. Pada waktu itu, hampir seluruh bangunan benteng tenggelam hingga sedalam 3 meter di bawah permukaan laut.

Setelah cukup lama terbengkalai, Adi Wardoyo, seorang warga setempat berinisiatif untuk melakukan penggalian dan pemugaran di area benteng. Pada akhirnya, Benteng Pendem resmi dibuka kembali pada 1987 sebagai salah satu destinasi Cilacap.

4 dari 5 halaman

Bagian-bagian Benteng Pendem

benteng pendem cilacap

©Kemdikbud.go.id

Pada area-arena Benteng Pendem terdapat beberapa bangunan dan ruangan yang masih berdiri kokoh. Ruangan-ruangan tersebut terdiri dari ruang barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang senjata, gudang mesiu, klinik pengobatan, dapur, ruang perwira, ruang amunisi dan peluru, serta penjara.

Namun, selain ruang-ruang itu masih banyak lagi ruang-ruang di area benteng yang tidak diketahui sepenuhnya. Ada yang menyebutkan di dalam benteng itu terdapat terowongan rahasia bawah laut menuju benteng-benteng lainnya dan menuju goa-goa yang ada di Pulau Nusakambangan. Konon, terowongan itu tertutup tanah dan tergenang air karena banyak dindingnya yang bocor.

5 dari 5 halaman

Penuh Kisah Mistis

benteng pendem cilacap

©Indonesia.go.id

Tak hanya soal sejarahnya, Benteng Pendem juga memiliki berbagai kisah mistis. Hal inilah yang membuat lokasi itu sering digunakan uji nyali bagi warga sekitar. Bahkan hingga kini masih banyak bagian benteng yang belum tergali. Selain itu, penjara berukuran 4×3 meter menambah nuansa seram jika membayangkan peristiwa yang terjadi di masa lalu. 

[shr]



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *