Desa Dondong Siap Jadi Desa Penyangga untuk Desa Wisata Mandala di Cilacap

oleh -3 views

TIMESINDONESIA, CILACAPDesa Dondong, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, rencananya akan jadi desa penyangga destinasi wisata air terjun (Curug) Mandala.di desa wisata Mandala, Kecamatan Jeruklegi.

Usai Pemkab Cilacap melakukan survei kunjungan ke lokasi desa wisata tersebut, Kades Desa Dondong, Suratman, mengatakan, bila Curug Mandala sudah siap menjadi tujuan wisata, wisatawan pasati akan berdatangan.

“Untuk itu, kami atas nama pemdes Dondong dan pemdes Mandala bersinergi dalam pencapaian tujuan tersebut. Masyarakat dondong, berinisiatif secara swadaya membuat konsep berbentuk pasar dengan gubuk-gubuk sebagai lapak,” ucap Suratman, Sabtu (15/8/2020).

Ide pembuatan pasar, lanjut Kades, berawal dari obrolan masyarakat di pos ronda, yang selanjutnya mereka menyampaikan kepada dia.

Menurutnya ini merupakan Ide yang bagus. Sebagai kades, dia juga mengimbau sebaiknya dilakukan secara swadaya Jangan menghandalkan bantuan pemerintah, mengingat masih pandemi Covid-19. Dengan swadaya, nantinya masyarakat juga tidak terbebani utang kepada pemerintah (BUMDes). 

“Masyarakat rupanya antuasias. Secara gotong royong swadaya, mereka mampu membangun  sedikitnya 28 gubuk lapak dan 10 lapak non gubuk (sebagai arena bermain anak),” ungkap Suratman.

Pasar yang diberi nama Pasar Lemprak Tirtosari ini, dbuka operasionalnya oleh Bupati Cilacap pada Sabtu (15/8/2020). Hal ini merupakan implementasi dari program Kampung KB.yang salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat.

“Beberapa produk UMKM Desa Dondong dari hasil pemberdayaan masyarakat, seperti budi daya jamur tiram yang sudah dirintis sejak 5 tahunan. Dari jamur ini, Alhamdulilah perkembangannya bagus, dan sudah banyak masyarakat yang mandiri memiliki gubuk jamur sendiri. Pelatihan, pengelolaan, pengolahan, perawatan, atau ikut kerja dalam media jamur juga kami arahkan,” katanya.

Ibu-ibu PKK juga didorong untuk ikut berperan, Mereka dapat pelatihan packing atau pengolahan makanan dari BLK Transmigrasi Provinsi Jateng. Secara bertahap, warga desa Dondong akan dididik untuk bisa membuat hasil olahan bumi. Ke depannya, mereka akan  punya kreativitas.

“Jika rencana tol Bandung Jogja sudah beroperasi, akan banyak wisatawan yang mampir ke Curug Mandala. Info yang berkembang exitt tol ada di desa tetangga. Warga masyarakat Desa Dondong telah siap membuka lapak UMKM desa sebagai penyangga Desa Wisata Mandala,” ucap Suratman. (*)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *