Angka Pernikahan Usia Dini Tinggi, Picu Juga Tingginya Perceraian di Cilacap

oleh -15 views

Angka Pernikahan Usia Dini Tinggi, Picu Juga Tingginya Perceraian di Cilacap



By:
Date Uploaded:
Description: Angka Pernikahan Usia Dini Tinggi, Picu Juga Tingginya Perceraian di Cilacap





ILUSTRASI

CILACAP – Angka perkawinan anak atau di bawah umur di Kabupaten masih tinggi. Bahkan, bisa dikatakan mengkhawatirkan seperti disampaikan Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KNPPPA) Kabupaten Cilacap, Murniah.

Menurutnya, prosentase Usia Kawin Pertama (UKP) atau pernikahan dini di Kabupaten Cilacap masih sangat tinggi atau sekitar 26 persen.

“Dalam kesehatan dalam hal ini BKKBN, anak di bawah 20 tahun lebar rahimnya masih 9 sentimeter. Padahal kepala bayi diameternya 10 sentimeter. Hal tersebut tentunya menyebabkan resiko bagi anak di bawah 20 tahun menikah,” jelasnya.

Selain itu, pernikahan dini juga menyebabkan angka perceraian di Kabupaten Cilacap. Dengan rata-rata pertahunnya 5000 kasus perceraian terjadi di Kabupaten Cilacap.

“Perceraian tinggi berangkat dari awal pernikahan dini tadi. Yang kita lihat pernikahan di bawah 20 tahun karena marriage because accident dan kurang direncanakan. Perempuan juga banyak kerja di luar negeri,” kata dia.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas KBPPPA berupaya untuk menekan angka pernikahan dini melalui banyak program yang disosialisasikan, seperti Genre dan komitmen para Camat supaya angka pernikahan di Cilacap diatas 21 tahun untuk perempuan.

Sementara itu, Kabupaten Cilacap ditargetkan 17.397 pelayanan KB, meliputi 14.877 pelayanan KB dengan pil dan kondom, 1.689 pelayanan suntik serta 831 audi dan implan untuk peningkatan pelayanan KB Sejuta Akseptor di seluruh Indonesia. (ray)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *