56 SMP di Cilacap Siap Gelar PPDB Daring

oleh -89 views

  • Jumat, 12 Juni 2020 | 17:15 WIB
  • Penulis:

CILACAP, suaramerdeka.com – Sebanyak 56 SMP di Kabupaten Cilacap menyatakan siap menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam jaringan (daring, atau online).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Kastam mengatakan, kesiapan penyelenggaraan PPDB daring sudah dibuktikan dengan surat pernyataan.

“Kesiapan penyelenggaraan PPDB daring, ini sudah dibuktikan dengan surat pernyataan dari sekolah. Dan pernyataan itu sudah diinput oleh Ketua MKKS. Jumlahnya hingga hari ini sudah 56 sekolah,” kata Kastam, Kamis (11/6).

Namun demikian, jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Mengingat, tahap pendaftaran baru akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang. “Kemungkinan bertambah ada, tapi untuk kemungkinan berkurang, sepertinya tidak. Karena sudah ada surat pernyataan bermaterai,” kata dia.

Mengacu data dinas, jumlah total lembaga pendidikan SMP di wilayah kerjanya ada 196 sekolah. Dari jumlah itu, 84 di antaranya merupakan SMP Negeri.

“PPDB daring ini menjadi salah satu cara bagaimana kita untuk mencegah kontak fisik di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Untuk memaksimalkan penyelenggaran PPDB daring, masing-masing sekolah penyelenggara diberi pembekalan. Pembekalan itu berupa sosialisasi, mulai hari Jumat kemarin.

“Sosialisasi terkait pelaksanaan PPDB daring akan dilaksanakan oleh Telkom langsung, selaku penyedia fasilitas. Sasarannya langsung kepada masing-masing kepala dan operator sekolah,” katanya.

Melalui sosialisasi itu, lanjut dia diharapkan dapat memudahkan pihak sekolah dalam penyelenggaraan PPDB. “PPDB daring jenjang SMP ini baru di Cilacap. Namun diharapkan, dengan persiapan yang matang nantinya dapat berjalan dengan maksimal,” katanya.

Ketua Muasyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Cilacap, Marjoko membenarkan. Bahwa sejauh ini, sudah ada 56 SMP yang menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan PPDB daring. “Betul, sudah ada 56 sekolah (SMP) yang siap menyelenggarakan secara daring,” kata Marjoko dihubungi, Kamis (11/6).

Sebelumnya, PPDB SD-SMP di Kabupaten Cilacap diagendakan awal Juli 2020. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Budi Santosa mengatakan, tahap pendaftaran itu akan berlangsung empat hari. Yakni mulai tanggal 1 sampai dengan 4 Juli 2020.

Pelaksanaan PPDB untuk jenjang SMP diutamakan menggunakan model daring. Namun demikian, bagi sekolah yang tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan, diperbolehkan menggunakan model luar jaringan (luring,offline).

Adapun untuk jenjang SD secara keseluruhan menggunakan luring. Mengacu data dinas, lembaga pendidikan SD di Kabupaten Cilacap  ada 1.032 sekolah.


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *