5 Potret Hewan Unik di Gembira Loka Zoo, Ada Kucing yang Bisa Berenang

oleh -102 views

5 Potret Hewan Unik di Gembira Loka Zoo, Ada Kucing yang Bisa Berenang
Hewan Unik di Gembira Loka. ©Youtube Gembira Loka Zoo

Merdeka.com – Sebagai kota pariwisata, Yogyakarta tak hanya dikenal karena memiliki ikon objek wisata seperti Malioboro dan Pantai Parangtritis. Di kota ini, ada sebuah kebun binatang yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal bernama Gembira Loka Zoo.

Berada di jantung Kota Yogyakarta, Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang lengkap. Selain itu aksesnya juga mudah dijangkau wisatawan. Pada awalnya, koleksi hewan di kebun binatang itu hanyalah beberapa macan tutul yang berasal dari lereng Gunung Merapi. Setelah itu koleksi kebun binatang itu terus bertambah walau pernah mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa Jogja di tahun 2006.

Sejak 2010, segala macam pembenahan dilakukan pengelola Gembira Loka Zoo. Berbagai tempat rehabilitasi seperti “Taman Burung” dan “Taman Reptil dan Amfibi” dibangun. Tempat berjualan para pedagang asongan ditata kembali agar terkesan rapi dan bersih. Setelah itu, makin banyak saja pengunjung yang datang ke Gembira Loka.

Di samping itu, Gembira Loka Zoo memiliki beragam satwa langka dan unik. Keberadaannya semakin membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung. Berikut adalah 5 potret hewan unik yang ada di Gembira Loka Zoo:

1 dari 5 halaman

Beruang Terkecil di Dunia

hewan unik di gembira loka

©Youtube Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo memiliki koleksi beruang terkecil di dunia yang dikenal dengan nama Beruang Madu. Walaupun badannya kecil, namun beruang ini memiliki lidah yang sangat panjang yaitu lebih dari 25 cm.

Dalam sehari, Beruang Madu bisa makan sebanyak 50 buah-buahan dan 100 serangga. Salah satu keahlian beruang madu adalah memanjat pohon.

2 dari 5 halaman

Kucing yang Bisa Berenang

hewan unik di gembira loka

©Youtube Gembira Loka Zoo

Koleksi unik lainnya dari Gembira Loka Zoo adalah Kucing Bakau atau lebih dikenal dengan nama Fishing Cat mengingat hobinya yang suka menangkap ikan. Berbeda dari kucing-kucing lainnya, kucing bakau mempunyai kemampuan berenang dengan lincah dan menyelam di bawah permukaan air. Hal ini dikarenakan jari kakinya yang memiliki selaput tipis.

Setiap harinya, kucing bakau itu diberi makan ikan sebanyak 4-5 ekor. Dikutip dari YouTube Gembira Loka Zoo pada Rabu (10/6), keberadaan satwa ini terancam punah karena habitatnya digunakan untuk industrialisasi dan perumahan.

3 dari 5 halaman

Binatang yang Suka Rebahan

hewan unik di gembira loka

©Youtube Gembira Loka Zoo

Satu lagi hewan unik di Gembira Loka Zoo adalah Binturong. Dikenal sebagai hewan nokturnal, Binturong akan terlihat suka bermalas-malasan pada siang hari. Selain itu, keunikan lain dari hewan ini adalah bisa mengeluarkan bau wangi dari dalam tubuhnya.

Walaupun terlihat hanya memiliki empat kaki, sebenarnya Binturong ini menggunakan ekornya sebagai kaki kelima yang ia gunakan untuk memanjat pohon.

4 dari 5 halaman

Buaya Terbesar di Dunia

hewan unik di gembira loka

©Youtube Gembira Loka Zoo

Buaya Muara adalah salah satu koleksi dari Gembira Loka Zoo. Dengan beratnya yang mencapai 1.200 kg, buaya muara merupakan jenis buaya terbesar di dunia.

Salah satu keunikan dari buaya ini adalah giginya yang tanggal bisa tumbuh lagi. Berbeda dengan manusia yang giginya hanya bisa tumbuh lagi saat ia masih kanak-kanak, gigi buaya bisa tumbuh selama hewan itu masih hidup. 

5 dari 5 halaman

Kura-Kura Berusia Ratusan Tahun

hewan unik di gembira loka

©Youtube Gembira Loka Zoo

Salah satu koleksi satwa unik di Gembira Loka adalah Kura-kura Aldabra. Binatang tersebut telah berusia lebih dari 100 tahun.

Dilansir dari Wikipedia.org, kura-kura Aldabra merupakan salah satu kura-kura terbesar di dunia. Kura-kura ini dapat tumbuh hingga lebih dari 1,5 meter dan dapat berumur hingga mencapai 200 tahun. 

[shr]



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *