5 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mudah Mati, Gampang Dilakukan

oleh -28 views

5 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mudah Mati, Gampang Dilakukan
ikan cupang. Instagram – Gisella Anastasia – Youtube Gading Marten

Merdeka.com – Indonesia merupakan negara maritim yang berada di dalam kawasan laut yang sangat luas. Bahkan secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua per tiga luas lautan yang lebih besar daripada daratan. Maka tidak heran apabila negara ini memiliki potensi kekayaan laut yang besar.

Nilai kekayaan tersebut bersumber pada ekosistem laut seperti ikan, terumbu karang, potensi wisata bahari, dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis ikan dapat ditemui di lautan Indonesia, mulai dari ikan yang layak dikonsumsi hingga ikan hias.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki berbagai jenis ikan hias yang dihasilkan dari air tawar, salah satunya ikan cupang. Ikan ini juga dapat ditemui di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Brunei Darussalam. Ikan cupang memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang beraneka ragam.

Seiring berjalannya waktu, kini ikan cupang banyak diminati oleh masyarakat. Ikan cupang biasa dijadikan peliharaan untuk hiasan interior di dalam rumah. Maka tak heran apabila kini banyak ditemukan aquarium di dalam rumah berisi ikan cupang yang unik dan lucu.

Lantas, bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik agar tidak mudah mati? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Ikan Cupang

ikan cupang gisella gempi

Instagram – Gisella Anastasia – Youtube Gading Marten

Ikan cupang memiliki beragam jenis, berikut ini beberapa jenis ikan cupang yang sering dipelihara untuk hiasan.

1. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant merupakan hasil persilangan dari berbagai macam jenis ikan cupang yang memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Pasalnya, jenis ikan cupang ini memiliki ukuran mencapai 10-15 cm.

Jenis ikan cupang ini sering ditemui di Thailand dan umumnya hidup di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant dikenal memiliki sifat yang agresif, sehingga cocok digunakan sebagai ikan cupang aduan.

Ukurannya yang besar menjadikan jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu berkisar di harga Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

2. Ikan Cupang Fancy

Fancy merupakan jenis ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang fancy memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan. Maka tak heran apabila jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal.

Apabila Anda tertarik dengan ikan hias ini, umumnya harga ikan cupang fancy berkisar Rp100.000 hingga Rp2.000.000. Biasanya semakin menarik warnanya, harga ikan ini juga akan semakin mahal. Sehingga harga jenis ikan ini tergantung bentuk dan warna yang dimiliki ikan cupang fancy.

3. Ikan Cupang Slayer

Salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara ialah cupang slayer. Ikan ini merupakan hasil perkawinan antara ikan cupang halfmoon dan serit. Bentuk dan warnanya yang indah menjadikan ikan cupang slayer cukup digemari oleh semua kalangan.

Ikan cupang slayer juga relatif mudah didapatkan. Biasanya ikan ini banyak dijual di pasaran maupun di sekolahan. Selain itu, harga jenis ikan cupang ini tidak terlalu mahal, yaitu berkisar Rp25.000 hingga Rp300.000.

2 dari 7 halaman

Cara Merawat Ikan Cupang

ikan cupang

©2020 Merdeka.com

Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ikan cupang sering dijadikan peliharaan untuk hiasan interior. Namun, apabila salah dalam merawatnya, maka dapat menyebabkan ikan mudah mati.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan cupang, sebaiknya memperhatikan cara merawat ikan cupang yang baik dan benar yang dilansir dari Liputan6.com berikut ini.

3 dari 7 halaman

1. Gunakan Wadah yang Benar

Cara merawat ikan cupang yang pertama ialah memperhatikan wadah ikan. Wadah yang dapat digunakan untuk memelihara cupang bisa Anda buat menggunakan apa saja, mulai dari toples sampai aquarium. Namun, apabila Anda memilih menggunakan akuarium, sebaiknya menggunakan wadah yang berukuran 20 x 15 x 15 cm.

Ikan cupang memang dikenal dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja, akan tetapi ikan cupang jenis soliter yang kecil tidak perlu menggunakan wadah yang besar. Sehingga lebih baik menggunakan aquarium atau toples yang sesuai dengan ukuran cupang.

4 dari 7 halaman

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

ikan cupang gisella gempi

Instagram – Gisella Anastasia – Youtube Gading Marten

Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik ialah dengan memperhatikan airnya. Salah satu air terbaik untuk memelihara cupang yaitu menggunakan air sumur.

Hal ini dikarenakan ikan cupang merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, sehingga dapat membuat ikan cupang merasa nyaman dan hidup lebih lama.

5 dari 7 halaman

3. Makanan untuk Ikan Cupang

Ketika memberi makan ikan cupang, sebaiknya cukup Anda menaburkannya ke dalam akuarium. Pasalnya, ikan cupang sendiri lebih tertarik mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

Selain itu, saat Anda memberikan makanan cupang sebaiknya dilakukan secara bertahap. Namun, apabila makanan yang Anda berikan telah habis, maka berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama.

Usahakan tidak memberi makanan ikan cupang terlalu banyak. Hal ini karena makanan yang tersisa dapat mengotori dan memicu timbulnya penyakit.

6 dari 7 halaman

4. Rutin Membersihkan Wadah

ikan cupang gisella gempi

Instagram – Gisella Anastasia – Youtube Gading Marten

Cara merawat ikan cupang berikutnya ialah rutin membersihkan tempat atau wadah ikan cupang. Pasalnya, wadah yang kotor dapat meningkatkan risiko kematian bagi ikan cupang.

Sehingga sebaiknya bersihkan wadah cupang sedikitnya satu kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah ikan cupang mudah mati.

7 dari 7 halaman

5. Menjemur Ikan Cupang

ikan cupang gisella gempi

Instagram – Gisella Anastasia – Youtube Gading Marten

Salah satu cara merawat ikan cupang yang sering dilewatkan ialah menjemur ikan cupang. Menjemur ikan cupang juga merupakan salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan tujuan agar ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang biasa terjadi di akuarium.

Cara menjemur ikan cupang yaitu letakkan akuarium Anda di tempat dengan suhu yang stabil. Usahakan mencari suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya cara ini dilakukan secara rutin agar ikan cupang dapat bertahan hidup lebih lama.

[jen]



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *